Tips Mudah Sholat Malam Dibulan Ramadhan Dan Puisi-Puisi Indah Ramadhan

Puisi Ramadhan | Dalam bulan ramadhan puasa adalah suatu hal wajib yang harus kita lakukan, namun selain berpuasa banyak sekali amalan-amalan lain yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala dan berkah ramadhan yang kita dapatkan. Memperbanyak amalan di saat bulan ramadhan merupakan hal positif dan tentunya dapat menambah kesempurnaan dalam ibadah puasa kita. Beberapa amalan ramadhan sederhana yang setiap orang pasti melakukanya adalah makan sahur, menyegerakan berbuka, dan tadarus.

Amalan-amalan diatas sudah tidak asing lagi di telinga kita karena amalan itu hampir tiap hari kita melakukan dan melihatnya selama bulan ramadhan. Tapi apakah kalian bisa melakukan tiga amalan umum tersebut. Saya yakin cuman tadarus lah amalan yang sangat sulit anda lakukan. ada salah satu amalan yang bisa anda lakukan di saat bulan ramdahan selain tiga amalan umum di atas yaitu sholat malam. memang sulit melakukan sholat malam ketika di hari-hari biasa tapi insyallah sholat malam akan sangat mudah anda lakukan ketika bulan ramadhan.

Tips Mudah Sholat Malam Dibulan Ramadhan Dan Puisi-Puisi Indah Ramadhan


Kebanyakan dari kita kendala saat ingin sholat malam itu adalah tidak bisa bangun di tengah malam.
ini adalah masalah utama dari kebanyakan orang, tapi sebenarnya tinggal niat dari orang yang ingin melaksanakan sholat aja. kalau niatnya sudah bulat pasti bisa kok bangun malam yang sulit itu adalah istiqomahnya menjalankan sholat malam tersebut. Istiqomah adalah sebuah perkara yang amat di cintai oleh allah bahkan dalam salah satu surat allah berfirman : 

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqomah), maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan bergembiralah dengan jannah (surga) yang telah dijanjikan Allah kepadamu.
(QS Fushilat [41]: 30) 

Dengan turunya surat ini menandakan bahwa begitu berharganya istiqomah itu, banyak sekali orang yang sudah mampu menjalankan salah satu amalan namun itu berjalan tidak istiqomah Baiklah sekarang saya akan berbagi tips untuk bisa menjalankan amalan sholat malam 
pada bulan ramadhan mari kita simak beberapa tips berikut ini :

1. Minta tolong sama ibu/atau saudara di rumah yang biasa bangunin sahur biasanya ibuk kan sebelum bangunin orang-orang rumah sahur suka bangunin duluan siapin makanan kalo udah siap baru di bangunin nah dari situ kita bisa minta tolong sama ibu suruh bangunin ketika ibu bangun mau masak buat sahur. Nah dari sinilah nanti kita bisa menyelipkan ibadah sholat malam sebelum kita makan sahur. sambil nunggu ibu selesai masak kita sholat dulu. ini tips untuk yang tinggal di rumah sama orang tuanya ketika ramadhan.

2. Tips ini untuk anak kost atau anak rantau yang tinggal sendiri, sebaiknya anda pasang alrm di smartphone anda masing-masing dengan setelan alrm sesuai keinginan anda bangun kalo tidak silahkan minta bantuan temen satu kost yang bisa bangun lebih dulu dari kamu suruh dia bangunin kamu pas sahur. 

dari kedua tips di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya sholat malam di bulan ramadhan itu bisa dengan sangat mudah kita lakukan karena dengan berbarengan dengan waktu sahur. selipkan sedikit waktu untuk 2 rakaat saja sebelum makan sahur lakukanlah secara istiqomah sampai akhir bulan ramadhan, insyallah setelah ramadhan pun akan terbawa.

Puisi Ramadhan


Kemkudian untuk sekedar berbagi hiburan di bulan ramadhan bagi sahabat-sahabat yang sedang pusing cari kata-kata buat puisi ramadhan saya akan bagikan buat sahabat sebagai referensi puisi-puisi dengan tema religi islami yang insyallah akan membawa keberkahan bagi yang membacanya oke selamat menikmati puisi-puisi tersebut selamat menikmati :
   
BUKAN SUJUD TERAKHIR 

Berkelebat malam tanpa waktu bertemu ruang-ruang sepi
Pada hening jauh di ujung cakrawala
Semusim berganti tanpa menanti jarak
Antara semi dan rasa dingin yang mencekam
Ketika sujud ku terantuk di tanah bertuan
Bergeming dalam hening-hening 
Menjadi lorong-lorong ke syahduan
Ketika Pasrah tergadaikan
Ketika Ridho tercurahkan
Pada kening ini ku temui sajadah-Nya
Mengakui keberadaan jiwa yang alpa tiada suci jua
Terpekur...
Kala hati tertengadah akan kemuliaan-Nya
Ini bukan sujud terakhir
Tepian waktu yang masih bergulir
Berbenah pada pemilik taqdir
Biar lah ini tak kan berakhir
Sujud ku tiada pernah akhir....

Puisi by : Cinta Maria

AKHIRAT DULU, BARU DUNIA

jika kita mengejar dunia
kita akan sibuk urusan dunia
lalu kita lupa akan akhirat
karena kita sibuk oleh dunia
jika sebaliknya
maka Tuhan
akan menata dunia kita
dengan pengetahuanNya
yang pasti lebih hebat dari akal kita
tentu bahagia dunia akhirat jadi hak kita

Puisi by : Ismail Lubis

MA'AF

Bila salah kata 
bicara dan canda
juga salah bahasa
sudilah kira anda
kupinta sebaris aksara
mohon MA'AF nya

pada SAHABAT semua
besok kita PUASA
bersama cari PAHALA
pada SANG PENCIPTA
AMPUNAN juga RIDHA

Puisi by : Muji Yanto

Oke sahabat saya rasa cukup perjumpaan kita kali ini semoga artikel yang saya tulis kali ini membawa berkah bagi yang membaca dan mengamalkanya saya pamit saya akhiri wassallam.