Izzah Dan Iffah Ini Dia Yang Harus Di Jaga Oleh Setiap Muslimah

Ukhtifillah pada zaman yang modern seperti sekarang ini banyak sekali para Muslimah yang mengaku Islam tetapi pada kenyataannya mereka sudah lupa akan kewajiban Islam itu sendiri. Padahal Allah sudah memuliakan perempuan dan bahkan mengkhususkan pembahasan surah An – Nisa’ didalam Al- Qur’an. Mengingat tentang Izzah dan Iffah yang harus dijaga seorang Muslim, yaahh... saya sadar bahwa saya masih jauh dari kata sempurna. Tetapi apa salahnya kita sama- sama mengkaji.

Izzah Dan Iffah Ini Dia Yang Harus Di Jaga Oleh Setiap Muslimah


Berbicara masalah Izzah dan Iffah apa sih Izzah dan Iffah itu?
Izzah adalah sebuah harga diri yang mulia dan agung sedangkan Iffah menurut bahasa ialah “menahan”. Adapun secara istilah menahan diri sepenuhnya dari perkara – perkara yang sudah Alla SWT haramkan, sebagaimana firman Allah:

" وليستعفف الذين لا يجدون نكاحا حتى يغنيهم الله من فضله "

Yang artinya: “ Dan orang – orang yang belum mampu untuk menikah hendaklah menjaga kesucian dirinya sampai Allah menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya

Jadi maksud Iffah disini ialah bagaimana seorang Muslimah menjaga kesuciannya dengan menjadikan rasa malu sebagai pakaian mereka sendiri. Seperti yang saya pernah baca ada quotes yang menyatakan bahwa “ jika kamu jatuh cinta kepada seorang yang bukan mahrom tahan dan pendamlah rasa itu, jangan sampai kamu menampakkannya!! maka mohon dan mintalah ampun kepada Allah agar kamu menjadi tenang. Dan jika kamu mati dalam keadaan bersabar, niscaya kamu akan menjadi orang yang beruntung dan masuk syurga.”

Memang, Allah tidak melarang hambanya untuk memiliki rasa cinta kepada lawan jenis         ( bukan mahrom) karena itu merupakan sebuah fitroh bagi kita, tetapi kita sebagai seorang Muslimah harus mengetahui juga batasan – batasan yang sudah Allah larang sebelumnya. Bukan malah kita bersikap sama seperti mereka yang tidak malu dengan cinta mereka yang sering diumbar – umbar dan diperlihatkan dilingkungan kita, sosial media, cafe – cafe, mall dan lain sebagainya. Yang dimana mereka tidak memiliki batasan sama sekali antara laki – laki dan perempuan. Mungkin disini saya akan memberikan sedikit tips agar kita semua dapat menjaga Izzah dan Iffah, diantaranya:

1. Menundukkan pandangan (ghudul bashor) dari yang bukan mahrom.
2. Tidak bepergian (safar) sendirian dengan tidak memiliki pendamping atupun teman.
3. Banyak mengikuti kajian tentang kemuslimahan.
4. Tidak berjabat tangan dengan yang bukan mahrom.
5. Jauhi hal – hal yang tidak bermanfaat dan mengundang fitnah seperti : mendengarkan musik, berkhalwat (berduaan dengan yang bukan mahrom), nonton film dan lain sebagainya.

Jadi Ukhtifillah, dari tips diatas marilah kita memperbaiki diri kita lagi dengan menjaga Izzah dan Iffah kita sebagai seorang Muslimah yang sejati, karena jika seorang Muslimah sudah kehilangan Izzah dan Iffah mereka, ia ibarat Muslimah yang kehilangan mahkota kecantikannya. Padahal Izzah dan Iffah itu sangat mahal nilanya dan itu sebagai amanah yang patut kita pelihara.

0 komentar