10 KUNCI HATI DAN JIWA TENANG DAN TENTRAM

Didalam kehidupan manusia akan ada selalu ujian yang Allah SWT. berikan kepada kita semuanya, ujian apapun itu, ujian agama, harta bahkan keturunan. Dan Allah memberikan tingkat kualitas manusia dilihat dari bagaimana manusia itu sendiri menyikapi semua ujian yang telah Allah SWT berikan, sabar atau putus asa.

Dengan segala ujian-ujian yang telah Allah SWT berikan, bagaimana kita menyikapinya agar selalu sabar dan tidak putus asa terlebih agar kita selalu diberi ketenangan hati dan jiwa kita untuk selalu tenang dan tentram.



Dibawah ini minimal ada 10 kunci agar hati dan jiwa kita selalu tenang dan tentram yaitu :

1. TIDAK MEMBENCI

Jangan pernah membenci seseorang, walaupun orang itu telah berbuat kesalahan kepada kita, selalu ingatlah kebaikan-kebaikan yang telah diberikannya, dengan begitu kita tidak akan mudah membenci seseorang.

2. TIDAK MENGELUH

Jangan berkeluh kesah dan bersedih hati, sebaiknya perbanyak berdoa kepada Allah SWT. karena dengan mengeluh bukan mempermudah kehidupan tetapi akan mempersulit karena kita selalu melihat keatas yang kehidupannya jauh dengan kita penuh dengan kenikmatan, sehingga kita ingin sepertinya. Berbeda jika kita melihat kebawah kita akan selalu semangat karena melihat kehidupan yang jauh lebih menderita dibanding kita.

3. HIDUP SEDERHANA

Hiduplah sederhana dan sewajarnya walaupun punya kedudukan tinggi dan harta yang melimpah, selalu ingat akan kedudukan dan harta yang kita miliki pada hakikatnya itu semua adalah hanya titipin sementara dari Allah SWT. yang nantinya akan kembali lagi kepada-Nya. Maka dari itu, janganlah kita hidup bermewah-mewahan hiduplah sederhana karena semua itu hanyalah titipan dari Allah SWT semata.

4. BERPRASANGKA BAIK

Senantiasa berpikir positif meskipun silih berganti menghadapi masalah dan musibah. Karena Allah SWT akan memberikan sebuah ujian kepada hamba-Nya sesuai dengan batas kemampuan hamba itu sendiri, Allah tidak akan membebankan kepada hamba-Nya apa yang hamba-Nya itu tidak mampu. Dengan diberikannya ujian kepada kita semua itu tandanya Allah sedang mengingat kita dan rindu kepada kita, maka dari itu berprasangka baiklah kepada Allah SWT.

5. SESALU TERSENYUM

Tersenyumlah walaupun hati sangat terluka. Karena dengan tersenyum susasana hati kita akan sedikitnya menjadi damai meskipun kondisi hati kita sedang terpuruk tetapi cobalah untuk selalu tersenyum dan tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu diberikan kekuatan.

6. SELALU MEMBERI

Membiasakan tangan diatas, meskipun kondisi lapang atau dalam kesempitan. Karena dengan memberi kita akan menyadari betapa banyaknya orang orang yang masih kekurangan dan membutuhkan dibanding kita. Dan lagi setiap 1 kebaikan yang kita berikan Allah SWT akan menggantinya dengan 10 kebaikan.

7. BERDOA TANPA SEPENGETAHUAN MEREKA 

Senantiasa mendoakan kebaikan untuk saudara kita tanpa sepengetahuan darinya. Karena jikalau kita berdoa karna hanya ingin dipuji saudara kita bahwa kita baik, itu adalah niat yang sangat salah, cukuplah diri kita dan hanya Allah SWT yang tau tentang doa yang selalu kita panjatkan untuk kebaikan saudara-saudara kita.

8. TIDAK DENGKI DAN IRI HATI

Jangan dengki dan iri hati dengan kejayaan teman kita, tetapi berdoalah agar kita diberi kejayaan seperti teman kita. Karena jika kita mempunya sifat dengki hidup kita tidak akan pernah merasa bahagia karena selalu iri hati terhadap kesuksesan yang orang lain dapatkan, selalu berdoalah setiap waktu agar kita diberi kesuksesan.

9. MUDAH MEMAAFKAN

Jangan merasa lelah dan susah dalam memaafkan kesalahan orang lain, karena terdapat keluhuran budi dan ketenangan di dalamnya, dan jika kita selalu memaafkan kesalahan-kesalahan orang lain dengan ikhlas tanpa ada rasa paksaan, maka yakinlah hidup kita akan diberi ketentraman dan kedamaian.

10. HINDARI PERMUSUHAN

Jangan menganggap orang yang berbeda pendapat sebagai lawan, tetapi anggaplah dia sebagai kawan. Karena pada dasarnya kita diciptakan itu untuk saling menjaga silaturrahmi dengan sesama manusia dan menciptakan kedamaian disetiap aktivitas yang kita lakukan di dunia ini, dan dianjurkan untuk selalu menghindari permusuhan.
Itulah 10 kunci agar kita selalu diberi ketenangan dan ketentraman terhadap hati dan jiwa kita, semoga bermanfaat terhadap kehidupan kita sehari hari agar selalu berada dijalan yang baik dan diridhai oleh Allah swt.

Artikel by : Susanti, Mahasiswi STEI SEBI

0 komentar