10 MANFAAT MEMBACA AL QURAN SETIAP HARI

Sungguh sangat nyata hasilnya jika setiap orang mau berdekatan dengan Al-Qur’an dan senantiasa berusaha mengamalkan setiap kandungan yang ada di dalamnya. Ada beberapa keuntungan, manfaat dan kelebihan dengan kita berdekatan dan membaca Al-Qur’an setiap hari.

Manfaat membaca Al Quran


1. Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Mengajarkan Al-Qur’an.
Kita sebagai manusia apabila mempunyai satu ilmu, maka ajarkanlah kepada manusia yang lainnya. Begitu pula saat kita pandai dan Faham terhadap Al-Qur’an, maka ajarkanlah kepada yang lainnya, karena dengan mengajarkannya Allah akan memberikan kepada kita pahala yang berlimpah.

Semakin kita banyak mengajarkan Al-Qur’an kepada yang lainnya, semakin banyak pula pahala yang akan kita dapatkan, karena dengan kita mengajarkan orang lain lalu orang lain itu mengajarkan kepada yang lainnya juga, maka pahala itu akan terus ikut mengalir kepada kita. Sungguh nikmatnya jika kita senantiasa terus mengajarkan Al-Quran kepada yang lainnya.

2. Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Membaca Al-Qur’an.
Mendengarkan orang lain yang membaca Al-Qur’an saja kita sudah mendapatkan pahala apalagi jikalau kita membacanya sudah pasti Allah akan memberikan pahala kepada kita, tetapi membacanya itu dengan penuh kehati hatian tidak membaca secara asal, karena jika kita membaca secara asal atau tidak  memperhatikan makhorijul hurufnya, itu bisa merubah arti atau makna terhadap Al-Qur’an.
Maka jika kita hendak membaca Al-Qur’an, perhatikanlah dengan jelas makhorijul hurufnya, tajwidnya, panjang dan pendek bacaannya.

3. Keutamaan Mempelajari Al-Qur’an, Menghafalnya Dan Pandai Membacanya.
Orang yang mempelajari Al-Qur’an, Menghafalnya dan pandai membacanya, sungguh luar biasa, karena Allah akan sangat mencintai orang-orang yang seperti itu, dan Allah akan selalu melindungi orang-orang penghafal Al-Qur’an dari berbagai bencana. Allah akan selalu menempatkan para penghafal Al-Qur’an disamping-Nya. Maka dari itu sungguh mulia orang-orang penghafal Al-Qur’an.

4. Akan Mendapatkan Pahala Bagi Orang Yang Anaknya Mempelajari Al-Qur’an.
Apabila kita menjadi orang tua, maka ajarkanlah anak-anaknya terhadap Al-Qur’an, karena jika anak-anak kita mempelajari Al-Qur’an, kita akan mendapatkan pahala dan ketika dihari kiamat nanti anak kita akan menolong kita, karena itu imbalan terhadap orang tua yang anaknya mempelajari Al-Qur’an.

5. Al-Qur’an Akan Memberikan Syafa’at Kepada Ahli Qur’an di Akhirat.
Tidaklah rugi menjadi Ahli Qur’an, karena di akhirat nanti Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada kita, jika saat di dunia awalnya kita sangat berat untuk mendekatkan diri terhadap Al-Qur’an, tetapi percayalah di akhirat nanti Al-Qur’an yang akan menolong kita.

6. Akan Mendapatkan Pahala Bagi Orang Yang Berkumpul Untuk Membaca Dan Mengkajinya.
Siapa lagi diantaranya orang-orang yang akan mendapatkan pahala, yaitu orang-orang yang berkumpul untuk membaca dan mengkaji Al-Qur’an, tentu jelas pahala yang akan kita dapatkan. Berbeda halnya dengan orang-orang yang berkumpul untuk hal-hal yang tidak jelas seperti orang-orang yang berkumpul hanya untuk gibah, itu bukan pahala yang didapatkan justru sebaliknya dosa yang akan didapatkannya.

7. Al-Qur’an Dapat Menentramkan Hati.
Beruntunglah bagi orang-orang yang suka membaca Al-Qur’an, karena Al-Qur’an itu akan selalu menentramkan hati pembacanya, contohnya jika kita sedang diberikan musibah atau ujian oleh Allah swt, lalu kita membaca mencari cara untung tenang dengan membaca Al-Qur’an, selain pahala yang kita dapatkan ketenangan hati juga kita dapatkan.

8. Al-Qur’an Dapat Menyembuhkan Hati.
Bagi orang-orang yang mempunyai penyakit hati, seperti dengki, iri. Obatnya hanya satu yaitu Al-Qur’an, perdekatlah diri kita terhadapat Al-Qur’an, caranya dengan membaca dan mengkaji Al-Qur’an, maka InsyaaAllah penyakit yang ada didalam hati kita iri hati, dengki itu akan hilang.

9. Pembaca Al-Qur’an Akan Memperoleh Kedudukan Yang Tinggi Didalam Syurganya Allah swt.
Siapa yang tidak mau memperoleh kedudukan yang tinggi didalam syurganya Allah swt. Semua orang pasti menginginkannya, maka dari itu perbanyaklah membaca Al-Qur’an niscaya Allah akan meninggikan kedudukan didalam syurga-Nya.

10. Dengan Membaca Satu Huruf Al-Qur’an Akan Memperoleh Sepuluh Kebaikan.
Pahala membaca Al-Qur’an tidaklah sedikit, melainkan sangat banyak karena dengan kita membaca satu huruf Al-Qur’an Allah akan memberikan sepuluh kebaikan, itu dari satu huruf apalagi jikalau kita membaca satu ayat berapa huruf yang kita baca, maka berapa banyak kebaikan yang akan Allah berikan kepada kita.

Itulah 10 manfaat membaca Al-Qur’an setiap hati, sungguh luar biasa jika kita selalu membaca Al-Qur’an setiap hari, maka dari itu untuk orang-orang yang belum terbiasa membaca Al-Qur’an, perlahan-lahan yang awalnya kita tidak biasa menjadi biasa lalu terbiasa dan akan merasa kehilangan jika tidak membacanya.

Artikel Oleh : Susanti, Mahasiswi STEI SEBI

0 komentar