E-Salaam: Zakat dan Wakaf dalam Genggaman “Cepat, Tepat dan Akurat”

Kemajuan teknologi di era milenial telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan manusia. Perubahan yang tidak hanya menghadirkan kemudahan tapi juga kecepatan dan ketepatan. Berbagai industri pun turut merasakan kemajuan teknologi tersebut. Tak heran, banyak industri berlomba-lomba menciptakan inovasi baru demi memberikan service excellent bagi pelanggannya. Contohnya industri perbankan.  Tidak lama ini, CIMB Niaga Syariah sebagai salah satu industri perbankan di Indonesia telah meluncurkan produk digital banking dengan beragam layanan syariah. Produk tersebut bernama e-Salaam. 


E-Salaam adalah produk syariah yang menyediakan berbagai jenis layanan seperti layanan bayar zakat dan wakaf uang. Tujuan aplikasi e-Salaam ini untuk mempermudah akses masyarakat dalam membayar zakat dan wakaf uang. Dengan adanya e-Salaam, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Lembaga Amil Zakat untuk menunaikan ibadahnya. 

Saat ini, e-Salaam telah bekerjasama dengan berbagai Lembaga Amil Zakat sehingga masyarakat dapat menyalurkan zakat dan wakaf nya dengan memilih Lembaga Amil Zakat yang diinginkan pada aplikasi e-Salaam.  Berbagai manfaat yang dirasakan dengan membayar zakat dan wakaf melalui aplikasi e-Salaam. Manfaat tersebut diantaranya: 

1. Cepat 
Dengan e-Salaam, tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk datang ke Lembaga Amil Zakat. Cukup dengan klik pada genggaman ponsel, zakat dan wakaf pun terbayarkan. Apapun aktivitas kita dan sesibuk apapun kegiatan yang kita jalankan tentu tidak akan terganggu. Hanya dengan menekan ponsel satu menit, zakat dan wakaf pun dapat terbayarkan.

 2. Tepat 
Masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menunaikan zakat dan wakaf nya karena e-Salaam telah menggandeng beberapa Lembaga Amil Zakat untuk mengelola zakat dan wakaf tersebut. Pada aplikasi e-Salaam, antara layanan bayar zakat dan wakaf uang tersedia dalam dua menu yang berbeda. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam menempatkan pilihannya. Bagi yang ingin membayar zakat ataupun wakaf uang tinggal klik menu yang disediakan pada aplikasi e-Salaam. Semua Lembaga Amil Zakat yang terdapat di aplikasi e-Salaam akan mengelola zakat dan wakaf tersebut secara transparan dan terbuka.

3. Akurat 
Aplikasi e-Salaam juga telah menyediakan perhitungan zakat sehingga wajib zakat tidak perlu menghitung secara manual. Cukup dengan klik pada genggaman, maka akan muncul nominal zakat yang harus dibayarkan. e-Salaam akan memberikan hasil yang akurat sesuai dengan prinsip perhitungan zakat yang sebenarnya.

Beragam manfaat tersebut dapat kita rasakan ketika menggunakan e-Salaam dalam membayar zakat dan wakaf uang. Kehadiran e-Salaam semakin memudahkan masyarakat  dalam menunaikan ibadahnya. Namun, sebelumnya saya akan berbagi beberapa tips saat menggunakan aplikasi e-Salaam. 

1. Pastikan penghasilan yang anda terima telah mencapai nisab. Ini berlaku untuk zakat profesi. Begitu pula dengan zakat maal, pastikan harta yang anda miliki juga mencapai nisab.

2. Pastikan anda tidak salah memilih jenis pembayaran karena pada aplikasi e-Salaam terdapat menu pembayaran zakat dan wakaf uang. Sebagai informasi, jika harta yang anda miliki diperuntuhkan untuk kemaslahatan umat, maka itu termasuk wakaf uang. Misalnya anda mewakafkan surat-surat berharga. Beda halnya dengan tabungan, deposito, emas yang tidak terpakai dalam setahun terakhir, maka termasuk dalam golongan zakat (zakat maal). 

3. Pastikan anda memilih Lembaga Amil Zakat yang sesuai dengan niat. Misalnya, ketika anda ingin mewakafkan sejumlah uang untuk pembangunan masjid dan pesantren, maka Lembaga Amil Zakat yang tepat adalah Daarul Quran

Itulah ulasan mengenai e-Salaam. Dengan e-Salaam, zakat dan wakaf kini dalam genggaman. Cepat, tepat dan akurat! Pastikan anda telah mendownload aplikasi e-Salaam. Ibadah jadi mudah, berkah dan terarah.

Post a Comment

0 Comments