Kunci Sukses Khadijah

Siapa yang tidak mengenal sosok Khadijah r.a, sosok wanita yang menjadi terbaik pada masanya dan sampai saat ini. Sosok Istri yang paling dicintai oleh sesorang yang paling mulia ‘Muhammad S.A.W’, sosok saudagar yang sukses pada masanya, dialah Khadijah r.a.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai kisah sukses Khadijah dalam berbisnis. Kesuksesan bisnis Khadijah memang cukup menarik. Dapat kita bayangkan bersama, sosok wanita tangguh Khadijah berhasil mengelola suatu perusahaan dengan tangannya sendiri, bahkan ia mampu mempekerjakan para lelaki dengan profesional.

Yang cukup menarik adalah konsistensinya dalam menjalankan aktivitas. Bisnis Khadijah tidak serta merta sukses, butuh proses yang panjang dan butuh perjuangan yang melelahkan pastinya. Cara berbisnis yang dipraktikan Khadijah tentu patut kita lirik.

Apa sajakah yang menjadi kunci kesuksesan bisnis Khadijah? Satu diantara banyaknya rahasia sukses Khadijah adalah Kekuatan Spiritual yang dimiliki oleh diri Khadijah.

Kekuatan Spiritual, Spiritual di sini bisa kita maknai dari dua sisi. Yang pertama adalah nilai-nilai spiritual yang tertanam dalam diri seorang Khadijah dan diterapkan dalam usahanya. Yaitu, adanya etika jual beli yang halal, jujur, amanah, akhlak yang mulia, komitmen, tawakkal, sabar, dan adab-adab lainnya. Semua itu bukan hanya ada pada diri Khadijah, melainkan ia juga menerapkannya kepada karyawan dan usahanya. 

Tentunya hal ini tidak hadir begitu saja pada diri seorang Khadijah, tetapi muncul dari kedekatan dengan Tuhannya, kekuatan imannya, sehingga ia mampu menjadi sosok wanita teladan sejak zaman jahiliyah hingga saat ini.

Nilai spiritual yang kedua terlihat ketika Khadijah telah menjadi istri Rasulullah S.A.W dan telah datang cahaya Islam kepadanya. Khadijah adalah wanita pertama yang membenarkan perkataan Rasulullah S.A.W dan memeluk agama Islam. Dari Khadijah, Rasul S.A.W banyak belajar mengenai etika-etika dalam berbisnis. Dan kekuatan spiritual Khadijah sangat terlihat ketika ia menyerahkan seluruh hartanya kepada Rasulullah S.A.W untuk berdakwah.

Khadijah tidak takut dengan kemiskinan, karena ia yakin dan percaya ada Allah S.W.T yang menjamin hidup-nya. Kekuatan spiritual dalam dirinya bisa membuat ia merasa aman, tenang, tanpa merasa khawatir dan takut dengan apa yang akan terjadi kepada diri dan keluarganya. Keyakinannya sejalan dengan kehendak Allah hingga ia mencapai kejayaan dalam usahanya. Inilah yang tidak banyak kita temui pada diri seorang pengusaha dewasa ini. 

Di era milenal saat ini, banyak sekali ditemui perusahaan ternama mengadakan pelatihan peningkatan spiritual untuk karyawan-karyawannya. Banyak juga diantaranya yang membuat departemen keruhanian, dan menyusun sederetan agenda ruhani untuk karyawannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual para karyawan perusahaan tersebut. mereka menyadari bahwa spiritual bukan lagi sebuah formalitas, tetapi merupakan bagian dari kesuksesan, dan menjadi kebutuhan yang sama pentingnya dengan kebutuhan materi.

Jika diibaratkan kehidupan ini adalah sebuah bejana yang di dalamnya terdapat batu-batu besar, kerikil, pasir, dan air, maka spiritual yang dimaksud adalah air, karena ia mampu menyentuh setiap sisi kehidupan. Itulah sosok wanita teladan sepanjang zaman, Khadijah r.a. Seorang istri, ibu, sekaligus pebisnis yang sukses. Mari berbenah.

Article by : Fithri Lathifah, STIE SEBI

Post a Comment

0 Comments