Lakukan Tips Ini Untuk Menjadi Muslimah Yang Sukses DI Usia Muda

Muslimah adalah perihiasan bumi yang sangat terjaga. Oleh karena itu sangat banyak batasan-batasan yang memang seharusnya tidak dilakukan seorang muslimah dikarenakan begitu berharganya ia. Tetapi batasan-batasan tersebut tidak berarti mempengaruhi seorang muslimah untuk menjadi sukses terutama di usia muda.

Lakukan Tips Ini Untuk Menjadi Muslimah Yang Sukses DI Usia Muda

Al-Qur’an dalam banyak ayat menegaskan bahwa kewajiban bekerja berlaku bagi manusia laki-laki dan perempuan. “jika kamu selesai shalat, segeralah bertebaran di muka bumi untuk mencari anugrah Allah dan sering-seringlah mengingat Allah supaya kamu beruntung”. ( QS. Al-Jumu’ah, 10).

Dikutip dari buku yang berjudul “MY ENEMY IS ME” berikut tips mengatur waktu yang efektif untuk muslimah yang ingin sukses di usia muda:

Membuat Rencana Kerja Harian Secara Detail di Waktu Malam Hari Sebelum Tidur, maksudnya adalah segala yang teratur maka mudah untuk diukur, begitu juga dengan waktu dan kegiatan harian anda. Semakin teratur maka dapat meningkatkan hari demi hari produktivitas anda semakin baik lagi. Dalam hal ini, anda harus memiliki sebuah agenda. Agenda yang penuh dengan catatan-catatan harian.

Buat Skala Prioritas, maksudnya adalah berikan rangking atau urutan di setiap tindakan yang telah diatur dihari sebelumnya. Dari mulai yang terpenting sampai yang tingkat kepentingannya kurang. Sehingga anda mengerti aktivitas apa yang harus difokuskan terlebih dahulu. Mulailah menganalisa ulang hal-hal yang akan dilakukan besok. Sehingga anda mengerti prioritas yang akan dikerjakan atau yang akan ditunda.

Tegas Menjalankan Rencara Harian, maksudnya adalah dalam menjalankan rencana-rencana harian anda akan disuguhkan oleh tawaran-tawaran yang terkadang sering membelokkan anda dari tujuan semula. Disinilah keteguhan anda diuji, apakah benar-benar memiliki komitmen atau hanya ingin saja. Mulai sekarang anda harus bisa mengatakan “Tidak” untuk hal-hal yang diluar rencana positif untuk hidup terbaik ini. Pada awalnya kebiasaan ini akan terasa asing bagi anda tetapi ini adalah awal dari perubahan jangka panjang yang akan anda raih.

Tunda Hal yang Kurang Penting, memang menunda adalah hal yang dilarang bagi muslimah yang ingin sukses diusia muda. Tetapi menunda disini adalah menunda hal yang kurang penting tetapi tetap harus dilakukan. Metode menunda ini adalah lanjutan dari skala prioritas yang telah dibahas sebelumnya. Yang penting tetap di dahulukan, dibawah itu seorang muslimah boleh tunda sampai waktu yang tepat untuk segera dieksekusi.

Jadilah Ratu Tuntas, maksudnya adalah selesaikan segera semua pekerjaan atau jadwal yang telah ada secepat dan seefektif mungkin. Agar jadwal berikutnya bisa segera dilaksanakan. Dalam hal ini, seni mengatur fokus diperlukan. anda harus bisa fokus ketika hal penting ada di depan mata untuk dieksekusi. Tuntaskan hari itu juga, karena hari esok akan ada hal lain atau hal baru yang menanti.

Delegasikanlah Tugasmu Kepada Ahlinya, mendelegasikan sebuah tugas atau keputusan memang tidaklah mudah, apalagi mengingat seringnya orang terdekat atau yang diberi amanah malah menyelewengkan amanah yang kita berikan. Ikhlaslah mengerjakan dan mendelegasikan tugas-tugas positif yang bisa seorang muslimah delegasikan. Ajari mereka, dan kembangkanlah mereka secara tulus, ini adalah pahala bagi kita. Toh jika anda dikhianati, maka Allah SWT juga tidak tidur untuk menghitungnya. Sembari terus bertumbuh menjadi lebih baik, sikap senang mendelegasikan dan mengerjakan sesuatu untuk tim atau orang lain yang ahli di bidang tersebut tidak akan mengurangi jatah rezeki dan ilmu yang berkah untukmu.

Aturlah Gadgetmu, maksudnya adalah penting sekali ditegaskan bahwa gadget alat bantu untuk mencari informasi, belajar, dan bertransaksi bisnis. Bukan eforia dalam kebahagiaan semu yang lama-lama akan membunuh anda. Semakin efektif anda di sosial media, maka berkuranglah interaksi anda dengan orang atau lingkungan secara langsung. Jika ini terus menerus dilakukan maka anda semakin lemah dalam mental dan interaksi sosial.

Dorong Terus Dirimu untuk Mengalahkan Pesaingmu, maksudnya adalah ada sebagian dari kita mungkin senang dengan tantangan, senang dengan kompetisi atau persaingan. Hal ini boleh saja dijadikan stimulan bagi berkembangnya diri kita untuk terus menerus menjadi pribadi yang disiplin. Tetapi alangkah baiknya jika persaingan itu dimulai dari diri sendiri dahulu. Sudahkah anda menetapkan diri anda yang lalu sebagai pesaing terbesar? Jika belum maka mulailah. Kemudian perhatikan apa yang akan terjadi.

Kebiasaan “Rapi” akan Membantumu, maksudnya adalah ketika otak lemah maka keputusan itu diambil dengan tingkat fokus yang rendah pula. Dengan bersikap rapi dalam aktivitas harianmu, itu akan membantu otakmu untuk tidak terlalu lelah memikirkan hal-hal kecil yang sebenarnya sudah bisa dipersiapkan di hari sebelumnya.

Mendengarkan Musik Semangat, maksudnya adalah ada masa dimana kita merasa bosan dan jenuh akibat aktivitas harian. Solusinya adalah mengupdate lagu-lagu yang semangat dan positif dan mendengarkannya.

Jaga Kehormatan dengan Orang yang Dicintai, maksudnya adalah sesibuk-sibuk apapun kita tentunya semua perjuangan ini pasti akan kembali ke rumah. Itulah mengapa permasalahan di rumah terkadang berdampak besar terhadap waktu dan produktifitas kita. “rumah” yang dimaksud disini bukan hanya orang tua, bisa jadi pasangan hidup, kerabat, tetangga atau unsur kedekatan lainnya yang langsung menyentuh perasaan kita. Sebisa mungkin telpon atau hanya memberi atau menanyakan kabar, itu sangat membantu kita.

Tidur Siang, menurut penelitian dari NASA: empat puluh menit tidur siang dapat meningkatkan keawasan atau kewaspadaan kita sebanyak 100%. Apalagi ketika kita melewati hari yang panjang dengan aktivitas yang padat, sempatkanlah untuk tidur siang. Dengan tidur siang otak kita bisa beroperasi lebih baik sepanjang hari, konsentrasi yang tinggi, belajar serta mengingat hal-hal penting lebih baik. 

Istirahatlah Ketika Waktunya, tidur adalah obat alami yang Allah ciptakan untuk kita. Tetapi terkadang kita menyepelekannya. Istirahatlah dengan semestinya, anda tidak bisa memaksakan dirimu dalam keadaan fisik yang lemah. Jaga selalu jam tidurmu setiap hari. Maka semua strategi hidup yang disampaikan dapat terlaksanakan dengan baik.

Ibadah Sebagai Pondasii Terkuat, maksudnya adalah segala hal yang ingin anda capai selalu butuh disiplin yang tinggi. Dan disiplin tinggi tercermin dari teraturnya jadwal shalat kita. Jadwal ibadah harian kita, serta kemampuan kita untuk mengutamakannya di atas urusan-urusan kita yang lain. Ada banyak strategi yang mungkin lebih baik di luar sana, tetapi bukan seberapa banyak cara atau strategi yang anda tahu, tapi bagaimana anda memainkan atau mengeksekusinya lah yang menentukan hasil di masa depan.

Article by : Mirda Trisnawati Renleeuw, STIE SEBI

Post a Comment

0 Comments