Move On Menuju Perubahan Terbaik

Move on itu artinya bergerak, berpindah dari sebuah situasi ke situasi yang lainnya. Perpindahan ke arah yang lebih tinggi, berkelas, bermartabat, alias lebih baik. Jika saat ini anda sedang mengalami galau yang luar biasa, boleh jadi karena utang yg menumpuk, keluarga yang berantakan, setiap hari adu mulut dengan orang-orang disekitar anda, karier yang juga tidak naik, bisnis yang stagnan, keuangan yang selalu pas-pasan, target yang tidak tercapai, hidup yang rutin dan menjemukkan, rumah tangga yang hambar tanpa rasa, itu tandanya anda harus Move On.

Move On Menuju Perubahan Terbaik

Sesorang yang hendak melangkah membutuhkan tujuan untuk mengakhiri perjalanannya. Ibarat seorang nahkoda kapal yang tidak akan pernah bisa melabuhkan kapalnya, bila tidak menetapkan kemana dia akan bersandar. Bahkan, bisa celaka, dan menjadi karam ditengah lautan. Dalam kehidupan berlaku prinsip demikian. Kita tetapkan sebuah Visi dalam keluarga, pekerjaan, dan dalam setiap aspek kehidupan Ialah "hidup ini hakikatnya sedang mengumpulkan bekal menuju kehidupan yang abadi".

Vision memberikan arah dan jalan. Apa jadinya jika arah dan jalan tanpa dijalani dan bergerak. Action membuktikan bahwa anda sedang bergerak. Gerak adalah ciri makhluk hidup. Sesuatu yang bergerak akan lebih sehat, segar, dan bermanfaat. Gerak dengan arah yang jelas menjadikan setiap langkah punya makna. Namun action tidak boleh asal, sebab kalau asal-asalan tidak akan menghasilkan apapun. Action itu kerja, kerja itu ada tiga: Kerja Keras (Mendatangkan Rezeki), Kerja cerdas (Melipatgandakan Rezeki), Kerja Ikhlas (Mendatangkan Berkah dan melimpah).

Sebelum kita melakukan action, tentukan dahulu skala prioritasnya, mana yang action yang harus didahulukan, mana yang dapat ditunda, dan mana yang harus ditinggalkan. Bila visi kita sudah dibuat dalam rangka mencapai kebahagiaan di negeri akhirat, action kitapun juga harus seirama. Ketika menyusun action, biasakanlah membuat skala prioritas berdasarkan hukum yang telah ditetapkan Allah swt. Skala prioritas kita buat, bukan hanya untuk menetapkan mana yang paling penting dilakukan berdasarkan kacamata manusia. Dalam action atau kerja, kerangka yang anda gunakan adalah sibukkah dengan yang wajib dan sunnah, sekali-kali boleh kerjakan yang mubah, tinggalkan yang makruh dan campakkan yang haram. Hal ini berlaku untuk seluruh aspek kehidupan, bukan hanya dalam aspek spiritual.

Action bukan hanya sekedar action, tetapi harus disertai passion. Melakukan sesuatu tanpa passion ibarat robot. Hidup hanya asal hidup. Action-nya robot hanya karena tugas dan kewajiban, tak ada penjiwaan, tak ada semangat. Passion akan membuat hidup lebih berenergi, dinamis, dan selali kreatif menciptakan hal-hal baru. Hidup anda benar-benar menjadi lebih hidup. Jangan lakukan action yang tidak anda nikmati apalagi menyiksa anda. Bila bekerja tidak berdasarkan passion, hidup anda tidak bergairah, hanya rutinitas yang berjalan dan tak terasa anda sudah berada di penghujung usia.

Sebagai makhluk sosial, Move On yang kita lakukan akan bertahan lama dan mengalami percepatan bila kita melakukan Collaboration dengan berbagai komponen yang ada. Collaboration terbaik diawali dari rumah bersama pasangan hidup anda atau bersama sahabat terdekat anda. Setelah itu anda pun perlu menetapkan siapa partner sukses anda. Bergurulah kepada orang yang bisa membantu tercapainya vision anda. Berguru pula kepada orang yang ahli untuk mengasah passion anda. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang seirama dengan vision, action, dan passion anda. Tanpa kolaborasi, energi akan cepat meredup. 
Mengapa demikian?..
Karena sumber energi dan semangat itu datang dari diri sendiri dan juga dari lingkungan pergaulan. Gabungkan dua sumber energi itu agar menjadi kekuatan yang luarbiasa masyaAllah..

Apabila semua telah anda lakukan, jangan terburu-buru menagih, "mana hasilnya?" semua membutuhkan proses, maka bersabarlah dan nikmati prosesnya. Ingat, vision menjadi arah dan tujuan, action menjadi bukti bergerak sehingga vision bukan hanya angan-angan, passion akan mengarahkan kita kepada kerja berenergi dan bermakna, serta Collaboration akan menguatkan proses Move On anda.

Article by : Arya Makbulah

Post a Comment

0 Comments