Pandangan Investor Tentang Kualitas Audit


Profesi Auditor merupakan profesi kepercayaan masyarakat juga investor. Masyarakat dan investor mengharapkan penilaian yang bebas dan tidak memihak terhadap informasi dan kebutuhan manajemen perusahaan.

Auditor bertanggungjawab untuk menaikan tingkat keandalan laporan keuangan suatu perusahaan, sehingga investor memperoleh informasi dari opini yang diberikan auditor kepada perusahaan sehingga investor bisa mengambil keputusan ingin berinvestasi di perusahaan A atau B.

Audit merupakan suatu proses untuk mengurangi ketidakselarasan informasi yang terdapat pada manajer dan pemegang saham atau investor dengan pihak luar untuk memberikan pengesahan terhadap laporan keuangan. Para pengguna laporan keuangan terutama para investor akan mengambil keputusan berdasarkan pada laporan yang telah dibuat oleh auditor mengenai laporan keuangan suatu perusahaan.

Hal ini berarti auditor mempunyai kontribusi penting dalam pengesahan laporan keuangan suatu perusahaan. Oleh karena itu kualitas audit merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh para auditor dalam proses pengauditan. Auditor dalam menjalankan tugasnya harus berpedoman pada standar audit yang ditetapkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), Yakni Standar umum, standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan.

Dalam Jurnal Understanding Audit Quality: Insights from Audit Professionals and Investors yang ditulis oleh : BRANT E. CHRISTENSEN, University of Missouri – Columbia, STEVEN M. GLOVER, Brigham Young University, THOMAS C. OMER, University of Nebraska– Lincoln, MARJORIE K. SHELLEY, University of Nebraska – Lincoln mereka menyebutkan cara pandang investor dalam menilai kualitas audit ada 4 yaitu :

1. Opini Audit

yaitu pernyataan auditor terhadap kewajaran laporan keuangan suatu entitas yang telah diaudit oleh auditor, kewajaran ini menyangkut materialitas, bebas salah saji, bebas dari kecurangan dll.

2. Hasil dari proses review

Yaitu hasil dari proses mereview suatu laporan keuangan suatu perusahaan yang telah diaudit oleh auditor

3. Pembayaran audit yang wajar

Karena proses audit memakan waktu yang lama juga proses yang sangat detail sehingga jasa yang diberikan juga harus sesuai dengan usaha auditor yang telah melakukan proses audit dengan sebaik-baiknya sesuai dengan sop yang berlaku.

4. Menyelesaikan tepat waktu

Proses audit yang panjang dan menghabiskan banyak waktu sehingga ketepatan waktu merupakan nilai plus bagi auditor yang bisa menyelesaikan tepat waktu, itu artinya auditor berhasil menjalankan proses audit sesuai dengan rencana dari awal yang telah disusun bersama -sama dan juga atas permintaan klien atau suatu perusahaan tersebut.

Dari 4 kriteria kualitas audit menurut investor, yang paling berpengaruh adalah poin pertama yakni opini dari auditor, sehingga dari sebuah opini Auditor  bisa membuat investor percaya terhadap perusahaan, juga bisa menaikan saham perusahaan tersebut dan itu hanya dari “sebuah opini auditor”. 

Maka dari itu profesi auditor ini sangat berperan penting dalam keabsahan laporan keuangan suatu perusahaan, sehingga harapan masyarakat terlebih para pemakai laporan keuangan ,investor salah satunya. Auditor harus tetap independen juga memiliki sikap skeptisme sehingga opini yang auditor hasilkan tidak berasal dari kepentingan perusahaan (klien), atau kepentingan KAP bahkan kepentingan pribadi. Sehingga opini audit yang dihasilkan memang benar adanya dan dapat terbukti sesuai dengan fakta dilapangan.

Post a Comment

0 Comments