Ini Dia Manfaat Tidur Siang..? Yuk Cek Faktanya

Ini Dia Manfaat Tidur Siang


Tidur memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Disaat kita tertidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik itu kondisi fisik maupun mental. Selain itu, tidur juga dapat membantu proses tumbuh kembang pada anak remaja, karena pada saat tidur hormone pertumbuhan akan dikeluarkan oleh tubuh. Namun, meski memberikan banyak manfaat, waktu untuk tidur harus tetap dikontrol karena tidak setiap saat tidur memberikan rasa nyaman. Tidurlah di waktu-waktu yang baik seperti tidur pada saat siang hari.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tidur siang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal ini perlu dikupas sehingga manfaat dari tidur siang bisa kita ketahui dengan jelas. Berikut ini manfaat luar biasa yang diperoleh dari tidur  di siang bagi kesehatan.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat ini didapatkan dari sebuah studi yang dilakukan di Jerman. Partisipan diminta untuk menonton DVD dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya. Sebagian peserta tersebut melakukan tidur siang terlebih dahulu dan sebagian lainya tidak. Ketika ditanya tentang apa yang mereka ingat, kelompok orang yang tidur siang dapat mengingat lima kali lebih baik daripada kelompok yang tidak tidur.

Meningkatkan Kesabaran

Tidur siang ternyata dapat membuat kita menjadi sosok yang lebih penyabar. Universitas Michigan, Amerika Serikat, melakukan riset pada beberapa orang terkait hal tersebut. Peneliti meminta para partisipan untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan. Yaitu menggambar desain geometris pada layar computer. Hasil riset menunjukan para peserta yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 menit. Sedangkan yang tidak tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 menit.

Mencegah Penyakit Jantung

Menurut studi pada 23.000 orang Yunani dewasa, mereka yang tidur siang memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung lebih kecil. Yakni 30% daripada yang tidak tidur siang. Menurut The Washington Post, dikutip dari Huffington Post mengatakan bahwa tidur siang dapat membantu mengatasi stress akibat menjalankan kehidupan sehari-hari. 

Meningkatkan Kreativitas

Jika memiliki masalah mengenai kreatifitas, sebaiknya kita mencoba untuk tidur siang. Hal ini dibuktikan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick. Studi tersebut menemukan seseorang yang tidur siang dengan gerakan mata yang cepat atau tidur nyentak hingga bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur.

Untuk mendapatkan manfaaat besar dari tidur siang adalah durasi tidur yang cukup dan tidak terlalu lama. Tidur dengan durasi yang cukup akan melatih tubuh, sehingga tubuh akan mengenali kapan untuk mengurangi energy sehingga kita dapat tidur siang dengan baik dan tidak merasakan pusing setelah terbangun dari tidur. 

Oleh : Muhamad Irfan Maulana

Post a Comment

0 Comments