Kriteria Pemimpin Zaman Now

Kriteria Pemimpin Zaman Now


Menjadi seorang pemimpin bukan hal yang mudah, tanggung jawab yang sangat besar serta memikul beban amanah dipunggungnya untuk terus menjadi pemimpin ideal bagi bawahannya. Sebab dari itu pentingnya sinergitas antara kedua belah pihak demi terwujudnya tujuan bersama. Namun, titik ada dimana pemimpin itu mempunyai kejenuhan dalam memimpin, karena berbagai faktor baik internal ataupun eksternal. Maka pemimpin ideal seharusnya bisa mengatasi atas problematika tersebut sesuai pada zaman now.

Pada zaman saat ini banyak pemuda-pemuda yang mulai angkat bicara terkait kepemimpinan atau bahkan menjadi pemimpin. Oleh karena itu peran pemuda sangat penting untuk melajutkan tongkat estafet kepemimpinan yang akan datang. Adapun kriteria pemimpin yang peka terhadap zaman now menurut millenials yang sedang di gema-gemakan pada saat ini.

1. Friendly

Sebagai kaum millenial tidak suka dipimpin jika ada batasan antara pemimpin dengan yang dipimpin. Terlalu kaku ataupun tidak friendly kepada bawahannya menjadi sebab adanya pembatas antar keduanya, justru menutup ruang gerak. Kalau pemimpin dahulu bertemu dengan anggotanya maka senyum, sapa dan salam. Dan sekarang, kalau bertemu pemimpin malah diajak selfie bersama ataupun malah akrab layaknya sebagai teman tanpa mengurangi rasa hormat kepada pemimpin. Seharusnya memang seperti itu agar kaum millenial terus bereskplor dirinya mencari akses sebanyak-banyaknya. Bukan malah ada pembatas diantara keduanya.

2. Keterbukaan

Seorang pemimpin tidak boleh mempunyai sikap yang tertutup kepada anggotanya, apalagi pada zaman sekarang, dimana butuh rasa keterbukaan satu sama lain agar terciptanya hubungan yang harmonis. Begitupun dengan pemimpin, tak boleh acuh apalagi tidak menghargai hasil kinerja bawahannya. Seharusnya pemimpin memberikan feedback kepada bawahannya. Apa yang anggotanya telah kerjakan maka haruslah diberikan apresiasi dalam bentuk apapun. Berilah timbal balik yang memberdayakan anggotanya agar terus semangat dalam berkarya.

3. Attitude

Karakteristik seorang bisa dilihat salah satunya melalui akhlak. Sebagai pemimpin di era zaman millenial akhlak yang baik sangat dibutuhkan, bukanlah pemimpin diktator. Jangan memerintah layaknya seperti robot, tapi berikan tantangan yang menarik kepada anggota, maka orang tersebut akan berkesan menjalani perintah itu. Perilaku yang baik dihadapan langsung ataupun tidak langsung menjadi sebuah cerminan bagi bawahannya. Pemimpin itu sebagai tauladan bagi yang dipimpin. Oleh karena itu memimpin dengan attitude jauh lebih sulit dibandingkan memimpin dengan perkataan. Saat ini lah yang dibutuhkan sosok pemimpin yang berattitude oleh kaum millenial.

4. Social 

Zaman sekarang di organisasi yang bersifat komersil atau non-komersil butuh sosok pemimpin yang memimpin bukan untuk kemanfaatan pada dirinya sendiri ataupun kelompok tersebut, melainkan kebermanfaatan terhadap khalayak. Sebagai makhluk sosial kita membutuhkan orang lain demi keberlangsungan hidup kita sendiri, begitun dengan orang lain membutuhkan kita untuk keberlangsungan hidupnya. Sangat disayangkan apabila seorang pemimpin mempunyai sifat apatis terhadap orang lain, kecuali hanya untuk kemanfaatan dirinya sendiri. Oleh karena itu pemimpin yang mempunyai jiwa sosial terhadap sesama yang dibutuhkan oleh kaum millenial.

5. Komunikasi

Suatu komunikasi dikatakan berjalan dengan baik dan benar ialah ketika informan menyampaikan pesan kepada orang yang dituju dan dapat dimengerti oleh orang tersebut dan dibalas sesuai pesan yang dituju. Kriteria terakhir pemimpin zaman now menurut millenial ini menjadi poin penting dan pelengkap bagi poin-poin sebelumnya. Karena tanpa ada nya komunikasi yang baik antara pemimpin dengan dipimpin maka tidak berjalan dengan lancar suatu aktivitas atau bahkan tidak tercapainya visi yang ingin dituju. Oleh karena itu, penting sekali menjadi pemimpin yang dapat mengkomunikasikan dengan baik dan benar serta dapat dimengerti apa yang ingin di sampaikan kepada anggotanya. Kaum millenial butuh sosok pemimpin ketika dalam berbicara sopan, santun, jelas dan tidak berbelit-belit serta dibumbui humoris didalamnya agar suasana tidak terlihat kaku dan tetap berkharisma.

Dari ke-5 point diatas yang telah diberikan kepada khalayak akan pentingnya mencari atau menjadi pemimpin pada zaman now. Masih banyak lagi kriteria-kriteria pemimpin ideal menurut millenial yang mungkin belum tersampaikan, paling tidak sedikit nya kriteria tersebut sudah mewadahi aspirasi kaum millenial karena penulis pun dari kaum millenial.

Oleh : Fadhlur Rohman Choer

Post a Comment

0 Comments