Membumikan Syari’at Islam Di Nusantara


Di zaman ini, dengan situasi yang semakin sadis dan sudah begitu banyak budaya-budaya Barat yang telah singgah di negeri ini sehingga mengakibatkan pemuda dan pemudi tidak bisa membedakan yang hak dan yang bathil. Untuk menghindari semua ini maka ada satu solusi cerdas yaitu dengan Membumikan Syari’at Islam di Nusantara.

Kenapa harus dengan cara ini?? Karena terdapat dua alasan yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan tersebut.

Alasan pertama

Syari’at islam bersifat baku, karena syari’at islam itu sudah tgentu datangnya dari Allah SWT, yang mana sudah dapat di pastikan kebenarannya. Lain halnya dengan hukum manusia yang sifatnya berubah-ubah, oleh karena itu kenapa ilmu manusia terbatas dan tidak dapat di pastikan kebenarannya, dan pasti salahnya. Walaupun ada benarnya tetapi jika di satukan dengan kebathilan maka kesimpulannya jadi bathil. Begini saja kita contohkan jika ada air putih lalu di campurkan dengan air comberan atau air yang kotor, maka air tersebut akan menjadi keruh. Oleh karena itu din atau agama yang dibuat oleh manusia pasti salahnya dan tidak akan di terima oleh Allah SWT. 

Sebagaimana kita tahu firman Allah SWT yang telah termaktub dalam surat Al-Imran: 85

ومن يبتغ غير الاسلم دينا فلن يقبل منه وهو فى الاخرة من الخسرين
Artinya : Barang siapa mencari agama selain agama islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padanya, dan dia di akhirat termasuk orang-oran yang rugi.

Alasan kedua

Syari’at islam di jadikan solusi cerdas untuk negeri ini ialah karena, syari’at islam telah mengatur semua aspek kehidupan. Mulai dari peribadahan, masalah perekonomian, masalah pernikahan atau rumah tangga, juga dalam masalah pidana dan tata negara. Kita perlu tahu bahwa dengan menjalankan syari’at islam maka kita akan mendapatkan kemaslahatan yang telah di janjikan. Disamping itu juga dengan kita menjalankn syari’at islam sbuah negara akan terbebas dari beberapa masalah, karena apa? Karena adanya keberkahan yang diturunkan oleh Allah SWT kepada kita semua. 

Allah SWT  telah berfirman dalam Al-qur’an surat Al-A’rof: 96

ولو ان اهل القرئ ءامنوا والتقو لفتحنا عليهم بركت من السماء والارض
Artinya : " Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi ".

Maka dari itu dapat kita simpulkan disini bahwa, syari’at islam itu bersifat tidak berubah-ubah dan juga dapat mengatur semua aspek kehidupan dengan maslahat yamg telah di janjikan.

Oleh : Neng Mita Suciyati

Post a Comment

0 Comments