PENTINGNYA KESEHATAN DALAM BERKONTRIBUSI


Image : Merdeka.com

Mempelajari kesehatan itu bersifat teoritis ilmiah,tapi belajar kesehatan dari cara hidup seseorang merupakan hal empiris. Selama ini,beberapa rumusan seperti pengaturan diet,olahraga, dan istirahat, diidentifikasi sebagai bagian yang harus dijalani bila ingin hidup sehat biasanya pembahasan malah difokuskan pada soal makanan dan olahraga. Padahal,bisa jadi semua factor gaya hidup itu merupakan fenomena puncak gunung es dari bangunan kesehatan manusia. Masih banyak factor yang belum tersingkap, terutama dari dimensi perilaku,akhlak,suasana hati,dan pikiran,terkait kondisi kesehatan.

Nyatanya,sikap-sikap optimis,tidak gampang menyerah,berpikiran positif,mampu mengendalikan diri,sabra, dan penuh syukur memiliki efek kimiawi non-farmakologis yang besar terhadap ketahanan tubuh manusia. Toh, karya-karya berharga seperti melawan hipertensi tanpa obat,Herbert Benson,dan Melawan Diabetes Tanpa Obat,Niel Bernard,sudah mejabarkan bahwa sejumlah penyakit kronis dapat disembuhkan dengan mengatur gaya hidup,termasuk berpuasa,berolahraga,beristirahat cukup,relaksasi,dan mengurangi stress.

Ada salah satu Guru Besar Gerontologi, Prof.Dr.drg.Tri Budi W.Raharjo,M.s.Ibu Tri Budi ketika ituntelah berumur 72 tahun. Namun, beliau masih terlihat energetic,penuh vitalitas dan semangat membagi tips rahasia hidupnya.
Berikut Tips kesehatan beliau :
(a) gemar bersilaturahim
(b) menjaga etos pendidikan yang tinggi
(c) hidup aktif,terutama ikut organisasi
(d) menyantap makanan bergizi yang seimbang
(e) tetap selalu berkarya
(f) tetap bahagia dan lebih banyak memberi daripada menerima
(g) hidup penuh ras syukur

Shigeaki Hinohara, dokter yang masih bekerja 18 jam perhari hingga usia 105 tahun di St.Luke’s International Hospital,Tokyo,menyatakan, “ Hidup sejatinya merupakan sebuah kontribusi. Jadi, saya memiliki semangat tinggi untuk membantu banyak orang. Bangun pada pagi hari dan melakukan banyak hal bermanfaat “

Berarti, ada variable gaya hidup sehat selain yang lazim dikenal seperti makanan dan gizi seimbang,olahraga rutin,dan istirahat optimal. Salah satu variable lain itu, menurutnya adalah hidup yang penuh manfaat untuk oranglain. Hidup aktif dan rasa tenteram karena dapat menjadi bagian dari solusi bagi masyarakat luas punya pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan.

Oleh : Wulan Purnama

Post a Comment

0 Comments