Perempuan dalam Pandangan Islam

Perempuan dalam Pandangan Islam

Kedudukan Perempuan

Sejarah peradapan islam mencatat,laki-laki dan perempuan selalu bisa bekerja sama dalam membangun keilmuan dan peradapan masyarakat agar diantara mereka tidak ada pertentangan dalam masalah prinsip dan tidak ada diskriminasi.

Firman Allah Swt : “Hai sekalian manusia,bertakwala kepada sekalian Tuhanm-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri.Dan,darinya,Allah menciptakan istrimu.Dan,dari keduanya,Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.Dan,bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan ) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain,dan (peliharalah) hubungan silaturahim.Sesungguhnya,Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”(QS.an-Nisaa’[4]:1)

Sehingga kita dapat memahami bahwa antara laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan di sisi Allah swt.Keduanya saling membutuhkan satu sama lain dan tanpa kerja sama maka tidak akan ada manusia yang akan lahir lagi ke dunia.Sehingga  kedudukan perempuan dan laki-laki sebagai dua hal yang saling melengkapi.

Sifat-Sifat Perempuan Shalihah

Ada beberapa sifat dan karakter perempuan shalihah menurut pandangan islam yaitu:

1. Beriman kepada Allah swt dan Rasul-Nya

Memiliki keimana kepada Allah Swt dan Rasul-Nya,Tanpa keimanan,mustahil seorang perempuan bisa berlaku shalihah .Karena tindakan dan akhlak sesorang tergantung keyakinannya,dan dia selalu berfikir bahwasanya Allah swt selalu mengawasi gerak-geriknya dimanapun dia berada.Sehingga perempuan shalihah akan selalu menunjukkan budi pekerti yang baik sebagai wujud keimanannya kepada Allah swt.

2. Menjaga Shalat dan Wudhunya

Shalat adalah tiang agama,sementara wudhu menjadi salah satu syarat untuk menegakkan tiang agama tersebut agar tetep tegak dan kokoh.Sehingga perempuan yang rutin dan senang hati menjalankan dua hal tersebut tentu akan tumbuh menjadi perempuan yang dirindukan syurga.

3. Memakai Hijab dengan Senang Hati

Memakai hijab adalah salah satu bentuk ketaatan perempuan kepada perintah agama.Dan ketika memakai hijab yang perlu diperhatikan adalah yang mengikuti tuntunan syariat,tidak sekedar membungkus aurat tetapi jiga menutupinya dengan baik.

4. Menjaga Harga Diri

Seorang muslimah tidak diperbolehkan berjumpa dengan lawan jenis di tempat yang sepi tanpa didampingi mahramnya.Karena,setan akan menjadi pihak ketiga  yang terus membisikkan niat-niat tercela dan akan menjadi pintu masuk perzinaan.

5. Menjaga Hatinya dan Syubhat dan Syahwat

Firman Allah swt : “Katakanlah kepada perempuan yang beriman,hendaklah mereka menahan pandangannya,dan kemaluannya,dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya,kecuali yang (biasa) tampak……” (QS.an-Nuur[24]:31).

6. Tidak Pemalas 

Perempuan memang dituntut supaya tidak menjadi pemalas,karena tugasnya yang berat bila kelak menjadi istri.Selain itu,malas merupakan sifat yang tidak disukai oleh Rasulullah Saw. 

7. Mempunyai Sifat Keibuan

Sifat keibuan perempuan didukung oleh dua hal,yaitu rasa cinta yang besar akan mendorong perempuan untuk mengorbankan dirinya bagi kebaikan keluarga.dan yang kedua adalah kelembutan perasaan yang akan menyebabkan anak-anaknya lebih dekat dengan sang ibu.

Oleh : IIN Risma Melani

Post a Comment

0 Comments