Tips Pola Hidup Hemat dan Sederhana untuk Mahasiswa

Tips Pola Hidup Hemat dan Sederhana untuk Mahasiswa


Dalam mengatur keuangan, Cara kita menghabiskan uang bisa jauh lebih penting dari cara kita mendapatkan uang, apalagi dalam mendapatkan uang tidak mudah untuk mendapatkannya secara mudah. oleh karena itu sudah seharusnya kamu belajar bagaimana cara menghemat uang yang ada dan mulai menerapkan tips hidup hemat dan sederhana.

Tidak hanya menggunakan uang saja untuk berhemat, orang yang hemat juga pandai dalam menggunakan barang dan juga waktu. Orang yang seperti ini akan belajar bagaimana caranya agar bisa hemat tanpa membuang-buang yang lebih termasuk Perbuatan sia-sia.

Contohnya dalam menggunakan barang. Orang yang hemat akan menggunakan barangnya dengan hati-hati namun tetap optimal agar barang yang digunakan tersebut masih bisa dipakai dan tidak mudah rusak. Lalu tidak mengiginkan atau membeli barang keluaran baru hanya untuk gengsi.

Sama halnya dengan menggunakan waktu. Orang yang hemat akan membuat rencana dan jadwal untuk menggunakan waktu yang bermanafaat saja, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia karena hanya sebuah alasan. Sangat penting bagi kamu apabila bisa menggunakan waktu dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.


Simak beberapa cara hidup hemat dan sederhana untuk mahasiswa berikut ini :

1. Buat alokasi Pengeluaran Bulananmu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengalokasikan pengeluaran untuk satu bulan ke depan. Alokasikan dana untuk makan, akademik, kos, biaya tak terduga, dsb. Kamu bisa mengalokasikan dana-dana tersebut ke dalam beberapa amplop sehingga lebih memudahkan kamu untuk mengontrol pengeluaran dan bisa juga untuk menabung.

2.Cari Beasiswa Tambahan untuk Kuliah

Kamu para mahasiswa bisa menghemat biaya bulanan pengeluaran bulanan dengan mencari peluang beasiswa di universitas atau perguruan tinggi yang kamu minati.

3. Cari Pekerjaan Paruh Waktu atau Jualan Online

Banyak pekerjaan paruh waktu yang membuka lowongan untuk mahasiswa dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Selain pertimbangan upah, jadwal, dan lokasi, coba kamu pertimbangkan atau Jualan Online selain bisa Jualan Di kosa atau tempat manapun. Jualan Online juga bisa menambah Uang Jajan kamu.

4. Jangan Membelanjakan Uang untuk Sesuatu yang Tidak Terlalu Diperlukan

Kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Jika kamu merasa binder ataupun Barang lainnya masih bagus, maka tidak usah membeli yang baru. Lalu belanjakanlah uang untuk makan dengan sehat dan mengenyangkan, jangan kebanyakan jajan.

Tidak hanya dituntut untuk cerdas secara akademik, tetapi kamu juga dituntut untuk cerdas secara finansial. Intinya adalah kamu harus bijaksana dalam menggunakan uangmu.

Jadi ketika kamu mempunyai uang harus di atur dengan baik. Karena ketika kamu Mengatur uang dengan baik  kamu Dapat mengatahui Secara Jelas Pengeluaran dan Pemasukan kamu yang di dapat. 
Dengan perilaku hidup hemat, maka kita akan menjadi orang yang penyabar. Dalam artian, hanya membeli barang yang memang sangat mendesak atau memang sedang dibutuhkan.

Tentu dengan hidup hemat, secara otomatis kita juga akan terhindar dari yang namanya rakus. Kita bisa lebih menahan diri lagi untuk di waktu yang akan datang.

Muhammad Farihin – STEI SEBI

Post a Comment

0 Comments