Tips-tips Menghadapi Masalah



Masalah! Mau tidak mau masalah pasti datang. Masalah datang tanpa memedulikan besar atau kecil,tua atau muda,kaya atau miskin seseorang. Siapapun pasti mengalami masalah. Itulah kehidupan. Dalam kehidupan tidak akan lepas dari masalah. Akan tetapi ada cara kita untuk bisa menghadapi masalah itu dengan baik,karena masalah itu sebenarnya bukan masalah itu sendiri,akan tetapi sikap kita menghadapi masalah tesebut. Jika kita menghadapi masalah tersebut dengan bersikap terbuka dan yakin bahwa masalah tersebut membuat kita naik kelas maka kita akan menang. Akan tetapi sebaliknya jika kita menghadapi masalah tersebut dengan sibuk dan takut terhadap masalah tersebut maka kita akan kalah,kita adalah pecundang bukan pemenang. 

Adapun tips-tips untuk menghadapi masalah yaitu LEBAY (Jim Allen).

L = Langsung
Masalah harus langsung diselesaikan,tanpa adanya penundaan. Sikap diam dan penundaan akan menambah masalah. Contoh seperti halnya ada sebuah botol kosong kmudiaan diisi dengan air sedikit demi sedikit,lama kelamaan botol tersebut akan penuh jika kita tidak segera meminumnya. Demikian juga dengan masalah,jika tidak segera diselesaikan,lama kelamaan masalah akan menumpuk.

Rumusnya adalah Masalah Datang + Selesaikan Langsung = Kenikmatan. Apapun masalahnya langsung selesaikan saat itu juga. Karena setiap masalah pasti ada solusinya.

E = Energik
Totalitaslah dalam menghadapi masalah,jangan bersikap setengah-setengah. Bersikaplah total pada cara penyelesaian masalah. Kita sering meremehkan masalah dan dengan demikian menunda penyelesaiannya. Jika kita ingin cepat menyelesaikan masalah,segeralah bangkit,bergerak,dan bersikap totalitas untuk menyelesaikannya.

B = Berusaha
Masalah tidak dapat diselesaikan hanya dengan berdiam diri dan berpangku tangan saja. Tanpa berusaha,masalah apapun tidak akan selesai.Ada pepatah mengatakan “Masalah bukan untuk dihindari,tetapi dihadapi. Bila tidak mau menghadapi masalah,jangan pernah berharap akan sukses!”
Maksudnya adalah jika kita menghindari masalah maka kita tidak akan mendapatkan kesuksesan begitupun sebalikya jika kita menghadapi masalah tersebut maka kita akan mendapatkan sebuah kesuksesan yang menanti setelah kita menghadapi masalah tersebut.

A = Antusias
Miliki rasa ingin tahu! Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang siapa saja yang telah berjasa dalam hidup kita sangat penting. Jika saja kita mampu mengenali mereka satu per satu dan menjalin hubungan baik dengan mereka,niscaya setiap masalah kita dapat segera teratasi dengan baik. Kenalilah dengan baik setiap orang yang menyiapkan parasut hidup kita. Jangan melihat seseorang dari fisiknya,tetap lihatlah dari ketulusan hati mereka.“Maju dan antusias! Jalani hidup ini dengan asyik. Sudah saatnya yang muda berkarya. Sudah saatnya pemuda Indonesia mengambil inisiatif untuk offensive,tinggalkan formasi defensif yang hanya menunggu bola!”

Y = Yes 
Ciptakan Suasana Baru
Bosan! Siapapun pasti pernah merasakan bosan. Namun,cobalah mengubah sudut pandang kita tentang kata “bosan”. Berikut ini adalah sudut pandang lain dari kata “bosan” menurut Aryo Seno Wicaksono.

B : utuh
O : mongan
S  : eseorang Yang
A : ku
N : ikmati

Maksudnya adalah sebenarnya rasa bosan itu dimiliki oleh seseorang yang perlu mengobrol dengan seseorang. Kita tentu akan bosan jika melakukan sesuatu yang itu-itu saja. Karenanya kita perlu kawan untuk mengobrol. Tentu saja obrolan yang berlangsung dapat kita nikmati untuk mengatasi rasa bosan.

Selamat Tinggal Masalah“Suksesnya seseorang tidak dilihat dari kesuksesannya saat ini,melainkan dari kesuksesannya menghadapi masalah.”

Tidak ada orang sukses yang hidup tanpa masalah. Sesukses apapun seseorang pasti dia memiliki masalah dalam hidupnya. Dia bisa sesukses itu karena dia bisa menghadapi masalahnya itu dengan baik.Tidak sukses bukan berarti kita tidak pintar. Kesuksesan kadang dipengaruhi oleh sikap keras kita untuk terus maju mnghadapi masalah. Padahal jika kita mau dan tetap konsisten pada tujuan,kita pasti mampu menghadapi masalah apapun.

Sudah saatnya kita bangkit dari keterpurukan. Sudah saatnya kita menjadi pribadi sukses. Sudah saatnya kita menjadi pribadi yang kita inginkan. Namun,semua itu akan terwujud jika kita terbebas dari penyakit mental negatif.

Nah di atas adalah beberapa tips menghadapi masalah.kita tinggal mengaplikasikan tips tersebut ketika dalam suatu masalah. Berhasil atau tidaknya itu tergantung pada diri masing-masing.Karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Di kutip dari buku : jangan mau di kalahkan masalah oleh form”aryo seno wicaksono

Oleh : Amelia putri, STIE SEBI

Post a Comment

0 Comments