Cara Agar Hidup Kian Bermakna

Cara Agar Hidup Kian Bermakna

Allah mencipatkan manusia, hamba yang Allah berikan kelebihan berupa akal. Dalam menjalani hidupnya, manusia pasti di hadapkan dengan berbagai macam pilihan. Dan dengan akal nya itulah manusia mampu memilih apa yang menjadi pilihan nya, bisa pilihan yang baik atau bahkan buruk, tergantung bagaimana seseorang itu membawanya. Namun dalam kenyataan nya tak sedikit orang yang merasa bingung dan ragu bahkan sulit dalam menentukan pilihan nya.  Sehingga dari kebingunganya itulah ia sama sekali tidak bergerak melangkah untuk maju,  hanya berdiam diri dan terus berselimut dalam kebingungan. Hal ini adalah masalah yang harus dengan cepat di selesaikan.  Lalu bagaimana cara menyelesaikan persoalan tersebut? 

Pertama, sadarilah bahwasanya diri ini adalah seorang hamba yang lemah yang harus memohon kekuatan dengan berdo'a kepada Allah, Seorang hamba yang tidak bisa lepas dari tuntunan Allah. Maka ketika kita menyadari saat diri kita merasa hampa dalam menjalani setiap aktivitas,  serahkan semuanya kepada Allah, percayakan bahwa Allah akan menuntun kita untuk mampu kuat dan bangkit. 

Kedua, perbaiki niat kita. Niatkan lagi bahwa kehidupan ini haruslah di niatkan untuk beribadah kepada Nya. "setiap amal tergantung pada niatnya" Betapa penting nya kekuatan niat dalam diri kita,  karena niatlah yang mampu membawa kita pada pencapaian yang kita inginkan. Niat yang tulus dan iklhas untuk semata mata beribadah kepada Allah dan hanya berharap pada Nya. 

ketiga, beramal dengan ikhlas.  Ketika niat nya sudah kuat, lakukanlah dengan mengawali segala sesuatu dengan membaca bismillah. Niat karena Allah bermal karena Allah,  dan melakukan sesuatu tersebut haruslah dengan ikhlas dan senang hati, banyak beribadah kepada Allah. 

Selain ibadah yang wajib,  agar hidup kian bermakna lengkapi dengan amalan yang sunnah. Tunaikan sholat tahajjud untuk mengawali hari,  memohon kepada Allah untuk di ampuni segala dosa dan berdo'a tentang apa yang kita inginkan. Sebelum memulai aktivitas,  biasakan diri kita untuk berdzikir kepada Allah bisa dengan membaca al matsurat pagi hari dan membaca Al-Qur'an, untuk permulaan bisa hanya dengan 1 halaman setelah sholat subuh amalkan secara rutin setiap hari dengan konsisten lama kelamaan akan bertambah menjadi 2 halaman, setengah juz, satu juz atau bahkan lebih dari itu. Lalu pagi hari, di sela kesibukan lakukan sholat duha di sela sela wakatu luang atau istirahat membaca Al Qur'an , ketika sore hari melakukan dzikir petang dan menutup hari degan sholat witir.  Begitu terus dilakukan berulang dan konsisten setiap hari. 

Lalu jadikan segala sesuatu tersebut ibadah. Misalnya pergi ke sekolah niatkan ibadah pergi ke kantor niatkan ibadah dan ketika kita  menjalani nya maka kita akan merasa ikhlas merasakan bahwa Allah akan mengganjar kita dengan pahala yang kelak akan menjadi investasi kita di akhirat. Bila dalam praktek nya kita menemukan kesulitan,  maka kita haruslah bersabar dan tetap berusaha untuk menjalani semuanya dengan ikhlas.

Keempat,  selalu bersyukur.  Syukur merupakan elemen yang sangat penting,  tanpa rasa syukur, kita akan merasa egois hingga selalu merasa kurang.  Bersyukurlah atas apa yang telah kita lakukan,  atas apa yang telah kita dapatkan karena dengan bersyukur Allah akan tambahkan nikmatnya. Apapun hasilnya baik itu kecil atau besar sedikit atau banyak kita haruslah bersyukur.  Dengan syukur hati kita akan merasa tenang sehingga kehidupan akan lebih bermakna.

Artikel by : Rupaidha Ummi Hanifah

Post a comment

0 Comments