EFEKTIVIAS ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN

Di zaman yang sudah modern ini kemiskinan merupakan salah satu  permasalahan yang cukup serius terutama permasalan di indonesia yang merupakan negara berkembang  dengan penduduk terbanyak di dunia dan menduduki urutan ke empat dengan jumlah penduduknya 260.580.739 (sekitar 260jutajiwa) atau sekitar 3,5 % dari keseluruhan jumlah penduduk didunia. permasalahan permasalahan yang harus diselesaikan  dalam upaya membangun perekonmian salah satunya adalah dalam pengentasan kemiskinan.

EFEKTIVIAS ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN


Para ahli penyimpulkan bahwasannya ada beberapa penyebab kemiskinan yaitu dikarnakan keterbatasan sumber daya yang dimiliki, kedua adalah akibat kurangnya kualitas sumber daya manusia, ketiga adalah kurangnya akses modal yang yang menyebabkan kurang berkembangnya usaha yang dijalankan dan rendahnya tingkat produksi baik barang maupun jasa.

Peran zakat dinai layak untuk menjadi solusi dalam pengentasan kemiskinan dilihat dari jumlahlah penduduk muslim diindonesa dengan negara populasi mulsim terbesar di dunia .Yusuf Qardhawi mengemukakan bahwa zakat  juga menciptakan pertumbuhan yang luar biasa dalam pengentasan kemiskinan, akadari itu zakat diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi kemiskinan terutama di  indonesia.

Salah satu cara untuk membantu masyarakat miskin adalah dengan memberikan modal dan memberikan pendayagunaan yang bersifat produktif dengan adanya jakat diharapkan bisa mengurangi tingkat kemiskinan dan menjadikan kehidupan masyarakat di bidang ekonomi  menjadi lebih baik lagi.

Zakat produktif adalah zakat yang dikelola dengan cara produktif, yang dilakukan dengan cara pemberian modal usaha kepada para fakir dan miskin sebagai penerima zakat dan kemudian dikembangkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk masa yang akan datang Menurut nafik islam melarang untuk menibun hartanya dan membiarkan tidak produktif Pada awalnya dana zakat hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif  saja tetapi selain dari itu dana zakat mulai digunakan untuk kegiatan yang bersifat produktif atau yang biasa disebut dengan  zakat produktif karna zakat produktif akan memberikan dapak yang lebih luas untuk membangun usaha dan untuk memperbaiki perekonomian mustahik dengan demikian zakat produktif akan mengubah kehidupan mustahik menjadi muzaki karna tujuan utama dari zakat produktif ini adalah untuk menghilangkan kemiskinan.
  
Peran zakat produktif dalam pengentasan kemiskinan adalah dana zakat secara produktif dapat dikembangkan oleh penerima zakat untuk kemandirian mereka. Pemberian zakat ini diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan. Produktivitas biasa sering dikaitkan dengan modal. Untuk pengelolaan zakat baiknya dilakukan dengan menyerahkan dana tersebut melalui suatu lembaga pengelolaan zakat supaya dana tersebut dialokasikan dengan baik dan didistribusikan secara merata kepada setiap daerah sehingga para mustahik todak merasa rendah diri apa bila dana tersebut disalurkan melalui lembaga zakat.

Post a comment

0 Comments