Manfaat Dari Membangun Relasi

Apa itu relasi ? Relasi adalah menjalin suatu hubungan antara 2 orang atau lebih. Kenapa harus ada relasi ? karena dengan adanya relasi kita bisa saling berbagi baik itu material atau non material dan juga bisa saling membantu. Manfaatnya apa ? yang pasti manfaatnya banyak, seperti menambah list pertemanan, sharing tentang pengalaman satu sama lain, dan tanpa disadari menambah wawasan dari cerita pengalamanmya itu. Apa sih pentingnya sebuah relasi ? tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa relasi itu penting, karena relasi adalah invrstasi.

Manfaat Dari Membangun Relasi


Relasi adalah hubungan yang terkait dengan aspek emosional, pertumbuhan dan perkembangan manusia, itu adalah hasil dari relasi dengan orang lain, hal ini disebabkan karena :

1.   Manusia sebagai makhluk sosial, karena manusia selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Oleh karena itulah manusia tumbuh dan berkembang adalah hasil dari relasi.

2.   Relasi mengandung kadar emosional. Maksudnya manusia tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh aspek emosional, contohnya apabila orang tua selalu memarahi anaknya maka didalam perkembangannya anak itu bersifat keras.

3.   Relasi mengandung energi dan mental sosial, maksudnya didalam relasi itu mengandung energi atau motivasi-motivasi, sehingga mempengaruhi perkembangan manusia.

4.   Relasi memberikan pengaruh terutama terhadap sikap dan emosi.

Relasi yang tumbuh secara alami disebut relasi sosial, seperti orang tua dengan anak, disamping itu ada juga relasi secara profesional yaitu, relasi tertentu yang digunakan di dalam menjalankan tugasnya seperti guru dengan murid.

Relasi profesional sifatnya formal, sedangkan relasi sosial sifatnya informal. Relasi sosial dan relasi profesional memiliki dimensi yang sama yaitu bersifat polaristik. Maksudnya polaristik adalah konsentrasi dari pembicara pada bagian tertentu dari hadirin yang ada, contohnya persahabatan dengan permusuhan, cinta dengan benci.

Pekerjaan sosial dalam melakukan proses pertolongan tidak lepas dari komunikasi dan relasi, komunikasi dan relasi merupakan konsep dasar dalam proses pertolongan maksudnya di dalam proses pertolongan pekerjaan sosial bahwa setiap pekerja sosial apabila menangani klien tidak lepas dari komunikasi, komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pikiran atau perasaan ke orang lain sehingga menimbulkan respon, dalam hal ini pekerja sosial dalam menangani klien selalu melakukan komunikasi terhadap klien dan juga komunikasi dan relasi terhadap lembaga-lembaga lain yang terkait. Peksos mengambil peranan yang dominan/menentukan tetapi setelah mereka berdiri sendiri maka relasi itu semakin longgar karena menuju pada kemandirian TO HELP PEOPLE TO HELP THEM SELF.

Hal terpenting dalam menjalin relasi yaitu Komunikasi, Membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak. Komunikasi bertujuan untuk menyetarakan pemahaman pihak satu dan lainnya sehingga terjadi keharmonian tindakan. Komunikasi juga bisa bertujuan untuk mempengaruhi pihak lain agar melakukan hal yang sama. 

Jika sebuah relasi sudah terjalin, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menjalin silaturahmi. Pola silaturahim yang dilakukan oleh pengusaha yang terwakili oleh beberapa informan menunjukkan ada kekhasan tersendiri dari silaturahim yang dilakukannya. Kekhasan itu bisa dilihat dari beberapa konsep, yaitu:

Konsep jarak komunikasi
Konsep pola silaturahim dengan media sosial dan teknologi informasi
Konsep pola silaturahim di internal, contoh secara internal slaturahim antara pengusaha dan pengrajin dan pegawai lainnya lebih ke downword silaturahim (JESTTvol.1 No. 10 Oktober 2014).

Beberapa hal yang harus dihindari saat menjalin sebuah relasi, diantaranya : Terlalu ingin tahu, bercerita tentang aib pasangan, hindari berhutang, gosip sensitive, ucapan yang menyinggung lawan bicara, dan hoby pamer. 

Felix B  mengumpamakan relasi sebagai BRIDGE/jembatan artinya yang dapat menghubungkan, anatara lain :

a.    Relasi itu sebagai atmosfir.
Yang dimaksud atmosfir adalah suasan artinya harus bisa memberikan suasana dalam hubungan antara peksos dengan klien.

b.   Relasi bisa diumpamakan darah dan daging artinya memberikan hidup, maksudnya hidupnya peksos dengan klien bergantung pada relasi.

c.   Relasi sebagai open table atau meja terbuka artinya suatu keleluasaan tersedia untuk diisi dengan relasi.

d.    Relasi itu merupakan interplay yaitu saling pertukaran antara peksos dengan klien.

e.    Dalam peksos terjadi saling pertukaran emosional yang sifatnya kooperatif. emotional cooperatif artinya bekerjasama bukan kepada konflik.

f.     Relasi memiliki sifat yang dinamik artinya selalu berubah rubah dan berkembang.

Urgensi relasi sebagai berikut :

1. Menambah list pertemanan
2. Saling berbagi link event atau kerjaan
3. Relasi adalah investasi

Yang perlu kalian tahu, ada dua hal yg tak bisa dibayar dgn harga seberapa pun : Pengalaman dan Relasi.

Post a comment

0 Comments