Dampak Covid 19 Untuk Mas Nur Pedagang Sayur Keliling


Dampak dari pandemi COVID-19 membuat banyak masyarakat memilih untuk berdiam diri dirumah saja. Meski demikian, masih ada orang-orang yang terpaksa harus tetap keluar rumah demi menyambung hidup. 

Mas Nur adalah seorang penjual sayur keliling yang juga membutuhkan aspirasi dari masyarakat terutama kaum emak-emak. Saat ditannya, ia memang mengetahui dan takut dengan wabah covid-19 ini, namun kebutuhanlah yang memaksa ia harus tetap berjualan sayur keliling. Semangatnya, ia berjualan dengan alat akomodasi seadanya, ia menggunakan sarana sepeda motor tua dan beronjong sayur yang ditungganginya. Tidak bisa dipungkiri, ia menjadi tumpuan utama baik dari warga ataupun keluarganya. Ketika orang orang dirumah, ia menjadi pahlawan garda terdepan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pagan masyarakat disekitarnya.

Terletak di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, ditengah tengah pandemi ini, tidak membuatnya putus asa untuk berjualan sayur demi keluarga tercintanya. Tidak seperti pedagang sayur pada umumnya, setiap terbitnya matahari ia harus merelakan tenaganya demi pergi kepasar yang jauh dari rumah yang ia tinggal. Berhubung pemerintah melarang masyarakat untuk tidak keluar rumah dan Social distancing sehingga semua aktivistas yang berkaitan dengan kerumunan. Dengan hal ini, Mas Nur merupakan salah satu dari sekian banyak pedagang sayur yang diamanahkan oleh warga setempat untuk tetap selalu menyediakan berbagai macam bahan baku menu harian. Maka, warga hanya menitikberatkan kepercayaan kepada Mas Nur saja karena mengingat sudah jarang penjual sayur keliling semenjak terjadinya pandemi ini.

Sampai saat ini, ia tidak berkurang sedikitpun rasa tanggungjawabnya terhadap pelanggan setianya. “Saya sangat peduli dan sadar akan wabah ini, tetapi saya selalu menggunakan masker dan selalu membawa hand sanitizer kemanapun saya pergi, termasuk ketika berjualan. Karena setiap langkah merupakan keberkahan bagi saya bukan keserakahan saya” Ujar Mas Nur ayah dari 3 anak ini.
Mari sama sama membantu Mas Nur dengan membeli sayur darinya. Simpati kita walau hanya sedikit bisa jadi bisa membahagiakan hatinya dan keluarganya. 

Informasi lebih lanjut: 08889294066
Penulis, Rafli Allatif Ramadhan-STEI SEBI

Post a comment

0 Comments