Dampak Positif Jam Kerja Yang Fleksibel Pada Perusahaan Ditengah Pademic Covid 19

Pandemi Covid-19 telah mengubah segalanya. Demi mencegah penularan penyakit akibat virus korona baru itu, kegiatan sosial masyarakat dibatasi, bahkan semua kegiatan dilakukan di rumah saja. Dalam situasi demikian, pengaturan urusan kerja pun mesti lebih fleksibel.  Bahkan dalam isu kontemporer dalam manajemen SDM Di bawah ini ada beberapa dampak positif yang didapat oleh perusahaan melalui jam kerja yang lebih fleksibel.



Kerja sama team yang lebih baik. Karyawan yang bisa mengatur jadwal kerja pribadi dan bekerja dari rumah bisa membuat mereka melakukan perawatan ke dokter, menemani anak beraktivitas, dan momen kehidupan lainnya. Setiap orang yang mendapatkan fleksibilitas yang sama, jadi mereka saling membantu ketika seseorang tidak berada di kantor. Alih-alih penolakan, tim kerja menjadi lebih erat karena semua mendapatkan manfaatnya.

Pekerja lebih produktif. Beberapa penelitian beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa orang yang bekerja dari rumah dan di kantor lebih produktif daripada yang selalu di kantor. Pikiran yang lebih rileks karena bekerja dari rumah dan merasa mendapatkan kontrol pribadi yang lebih membuat karyawan lebih kreatif dan produktif.

Karyawan lebih bahagia dan puas. Karyawan yang merasa diberikan kuasa untuk mengatur pekerjaan dan kehidupan pribadi sesuai keinginan merasa lebih puas. Bahkan ketika ditanya, mereka lebih memilih untuk mempunyai jam kerja fleksibel daripada menerima kenaikan gaji. Ini juga menunjukkan kalau gaji bukanlah yang terpenting bagi kebanyakan orang.

Tenaga kerja yang lebih variatif. Perusahaan bisa merekrut siapa saja untuk bekerja dari rumah, bahkan karyawan dari luar negeri. Sumber daya manusia yang profesional bisa didapatkan dari luar kota dengan jangka waktu yang fleksibel. Tren di masa depan juga menunjukkan tingginya pertumbuhan freelancer atau pekerja lepas.

Mengurangi dampak lingkungan. Lebih sedikit bangunan yang harus dirawat, kurangnya perjalanan dari rumah ke tempat kerja, dan lebih sedikit peralatan kantor yang diperlukan. Ini hanya beberapa cara jam kerja fleksibel bisa menolong perusahaan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Meskipun jam kerja fleksibel membawa dampak positif bagi perusahaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkannya. Aplikasinya bisa berbeda dari perusahaan ke perusahaan.


  • Kemungkinan kesulitan operasional, biaya tambahan dan tantangan dari manajer
  • Kemungkinan tekanan tambahan bagi karyawan yang tidak meminta jam kerja fleksibel
  • Potensi dampak negatif pada pelayanan pelanggan dan kualitas pekerjaan
  • Tantangan dalam mengatur jadwal kerja dan shift


Kesulitan komunikasi dengan karyawan yang tidak berada di kantor Setiap perubahan pasti ada tantangannya. Perusahaan yang ingin lebih fleksibel dan bertumbuh perlu memikirkan pemberlakuan jam kerja fleksibel. Pertimbangkan keuntungan dengan dampak terhadap kinerja dan kultur perusahaan, sosialisasikan dengan karyawan yang berminat, dan monitor dampaknya. Gunakan sistem yang menunjang hal tersebut seperti Software HR Berbasis Cloud, agar data karyawan yang diolah sesuai dengan regulasi perusahaan, dalam hal ini jam kerja yang fleksibel. Tidak ada kemajuan yang tercapai tanpa ujian dan pengorbanan.

Post a Comment

0 Comments