Jahe memiliki manfaat dunia akhirat

Salah satu fokus dari metode kedokteran islam adalah imunitas tubuh. Banyak sekali sunnah rasul yang ternyata bukan hanya menyembuhkan, melainkan mencegah berbagai penyakit. Banyak orang mengatakan, "sehat itu mahal". Sekilas pernyataan ini benar, namun fakta menunjukan sebaliknya. Berapa biaya yang dibutuhkan agar tidak terkena penyakit gagal ginjal? Hampir nol rupiah, karena perawatan termudahnya adalah lebih banyak minum air jernih ketimbang air yang berwarna dan memiliki rasa. Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan ketika sudah gagal ginjal? Pastinya lebih dari satu juta rupiah. 



Setiap manusia normal memilik imunitas tubuh sejak lahir. Sistem imun inilah yang mencegah kita dari berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. Imunitas berperan seperti tentara yang menjaga wilayah. Jangan terlalu menyalahkan musuh yang menginvasi, kita juga harus introspeksi. Jika tentara kita lemah dan kurang kuat, meskipun musuh datang dengan persenjataan sederhana, musuh akan menang melawan kita. 

Orang- Orang bijak sering berkata: jangan fokus pada kekurangan yang lain, fokuslah pada kekurangan diri sendiri. Itulah yang seharusnya kita lakukan di tengah pandemi. Bukan hanya virus corona, tapi bakteri, parasit, jamur bisa menjadi penyebab sakit bahkan penyebab kematian. Untuk mencegah hal ini, maka imunitaslah fungsi utamanya. Untungnya, biaya menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh manusia lebih murah ketimbang mengobati tubuh dan membunuh mikroorganisme dengan vaksin. Salah satu cara meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi jahe. 

Sudah banyak artikel yang membahas tentang khasiat jahe. Tapi banyak yang belum paham bahwa jahe disebutkan dalam kitab Al quran. Dari sekian banyak tanaman di dunia, hanya tanaman-tanaman tertentu yang tertulis dalam Al quran. Seandainya kaum muslimin mau meneliti secara ilmiah, maka tanaman-tanaman dalam Al quran pasti luar biasa khasiat dan keunikannya. Dalam surah Al-insan ayat 17, disebutkan bahwa minuman jahe adalah minuman penghuni surga. Namun, jahe sudah ada di dunia meski kita belum ke surga. Itu artinya, yang mendekatkan kita pada surga pasti memiliki nilai kebaikan dan pahala. Sehingga jika kita mengonsumsi jahe, bukan hanya memiliki manfaat di dunia untuk meningkatkan imunitas tubuh, jahe juga memiliki manfaat di akhirat untuk meningkatkan pahala.

Post a comment

0 Comments