KEADAAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID19


Wabah virus Covid19 berhasil meresahkan seluruh dunia khususnya negara indonesia,

Pandemi Corona kini telah menjadi Bencana skala Nasional di Indonesia, dan menggemparkan seluruh dunia. Bahkan, International Monetary Fund (IMF) menyatakan ekonomi dan keuangan global saat ini tengah mengalami krisis akibat pandemi virus corona (COVID-19).

Malangnya nasib rupiah semakin melemah, bahkan dampak corona sempat hampir tembus hingga Rp.17.000 per dolarnya.

Lantas.. bagaimana dampak covid 19 bagi ekonomi di indonesia?

Dan apa solusi untuk menstabilkan kembali ekonomi di indonesia?

Karena keresahan dan belum adanya solusi yang diberikan,di tambah lagi dengan di berlakukannya Undang-Undang Sipil Darurat  di mana di wajibkan kepada daerah yang termasuk zona merah agar dapat mengkarantina diri dan keluarga,dan menerapkan pola hidup sehat yang telah di anjurkan oleh pemerintah.

Dengan adanya kebijakan ini membuat banyak masyarakat resah akan tidak terpenuhinya kebutuhan pokok,keresahan ini pun di rasakan oleh sejumlah pemilik usaha, melihat kondisi saat ini saya berinisiatif untuk membantu Pemilik usaha  yang berada di Kampung  saya, bapak  ini bernama yanto sang pemilik usaha pengepul ikan. Ia tetap menjalankan pekerjaannya selama virus covid19 dikarenakan ia adalah tulang punggung keluarga. Dampak dari covid19 ini terhadap dagangan pak Yanto yang kadang sepi dan terkadang ramai pembeli, kisaran harga dari Ikan yang Rp 23.000 hingga Rp 30.000.

Ketika pak yanto berjualan ia juga tak lupa untuk menjaga kebersihan dagangannya dan ia juga mempunyai handsanitizer untuk kebersihan tangan. Jadi warga  diarea kampung sudah mengenali pak yanto dan kebersihannya.

Dan ini adalah ungkapan Dari Pak yanto kepada Kita yang telah membantunya di Sosial media beberapa hari yang lalu:

"Alhamdulliah atas bantuan adek-adek semua usaha saya tetap terjual dan saya masih bisa makan beserta keluarga dan ini sempat viral terimakasih banyak”. Beliau mengaku walaupun mengalami penurunan tapi masih ada pemin nya. Dan  strategi yang di lakukan oleh penjual dengan cara memastikan bebas virus dan higenis sampai ke tangan konsumen.

Oleh : Ahmad al farouk mukti

Post a comment

0 Comments