Kisah Abah Aud, tetap berjualan kentang di tengah pandemi Covid-19


Bah Aud(95) warga kelurahan Cijapati Majalaya Kabupaten Bandung, tetap berjualan kentang keliling di tengah pandemi covid-19.


Setiap hari, Abah Aud pergi berangkat pagi pagi sekali dari rumahnya untuk berjualan kentang. Beliau berjualan untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan sehari hari. Abah aud menjual kentang dengan memanggul dagangan nya di pundak menggunakan alat sederhana berupa karung, tali dan kayu. Sambil menawarkan kentangnya.

Harga kentang yang Ia jual pun sangat terjangkau hanya Rp.5000 per1/2 kg. Ia menjual dengan harga yang murah hanya berharap supaya dagangan nya bisa cepat laku. Pembeli senang dengan mendapatkan harga yang murah dan bah Aud pun senang karena mendapatkan uang. Karena jika pembeli bahagia dengan begitu akan mendapatkan keberkahan begitu ujarnya.

Bah Aud rela berjalan hingga puluhan kilo meter jaraknya hanya demi memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Walau dengan umurnya yang terbilang sudah tua, namun bah Aud tetap terlihat kuat. Umur bukanlah penghalang baginya untuk semangat dalam bekerja.

Biasanya beliau mendapatkan barang dagangannya itu dari pemborong. Sebelum pemborong itu datang, biasanya bah Aud sudah menunggu truk di jalan.

Sebetulnya, anak-anak bah Aud melarang beliau untuk berjualan. Namun beliau memilih tetap berjualan dan tidak ingin dikasihani oleh anak- anaknya karena merasa masih mampu walaupun sudah tua.

Kurang lebih sudah 10 tahun Ia berjualan kentang, ia bercerita dulu sebelum pandemi covid-19 ia bisa mendapatkan penghasilan kotor Rp.75.000 namun kini ditengah pandemi covid-19 penghasilanya hanya Rp.40.000, dari berjualan mulai jam 5.30 – 16.00.

Ia bercerita, mengaku merasa senang dengan seorang pengendara sepeda motor yang memberhentikanya lalu  memesan kentang 7kg namun setelah bah Aud menimbang dan hendak menyerahkan nya, pengendara itu tertawa dan pergi meninggalkan bah Aud begitu saja. Hal itu sempat membuat bah Aud sedih namun tak lama ia bersyukur dan merasa senang setelahnya kerena bisa membuat orang lain tertawa karena bahagia, walaupun bah Aud telah dijahili olehnya.

Yuk, sama sama saling membantu ditengah pandemi covid-19
Informasi lebih lanjut mengenai artikel ini
WA : 0821 2468 0756

Penulis : Rupaidha

Post a comment

0 Comments