Pedagang Dilema, Jualan Kurang Laku, Ngga Jualan Mau Makan Apa?

pasti tidak asing lagi di telinga kita ketika mendengar kata virus corona atau covid 19, ya pada saat sekarang ini virus corona atau covid 19 sangat  ramai diberitakan dan diperbincangkan melalui media cetak dan media masa seperti koran,televisi, facebook dan lain sebagainya, oleh masyarakat indonesia karena virus corona atau covid 19 ini telah menyebar dan berdampak besar bagi kehidupan sehari hari masyarakat indonesia terkhususnya para pedagang.



sebelum masuk dalam pembahasan kita kali ini saya akan menjelaskan tentang apasih yang dimaksud dengan virus corona atau covid 19 ?, gejalanya apa aja sih ?, terus bagaimana cara penyebaran nya ?, dan bagaimana cara mencegahnya ?. 

virus corona atau covid 19 adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan, yang dapat menginfeksi manusia serta dapat menyebabkan berbagai penyakit ringan atau umum seperti flu hingga penyakit yang fatal seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). 

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan setelah 2 sampai 14 hari seseorang terkena atau terpapar virus corona atau covid 19 ini yaitu demam, batuk, dan nafas yang pendek.

Ada beberapa cara virus corona atau covid 19 ini menyebar dari manusia ke manusia lainnya melalui tetesan air mulut atau liur dan air hidung saat orang yang terinveksi corona atau covid 19 ini sedang batuk atau bersin dan cairan batuk atau bersin itu menempel di hidung atau mulut seseorang dekitarnya kemudian masuk hingga ke paru paru.

Adapun beberapa cara untuk mencegah penularan virus corona atau covid 19 ini yaitu dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak minimal 1 meter ,hindari keramaian,hindari menyentuh wajah sebelum anda mencuci tangan, dan  jaga jarak dengan orang sakit. 

Dengan maraknya penyebaran virus corona atau covid 19 Pemerintah indonesia telah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menghimbau agar masyarakat indonesia berdiam dirumah sampai keadaan atau situasi kembali normal seperti biasanya.

 namun hal ini berdampak besar bagi para pembisnis di indonesia yang mengalami penurunan omset yang sangat signifikan dan memaksa mereka untuk melakukan pengurangan tenaga kerja dengan cara mem phk karyawan mereka untuk menekan pengeluaran dana agar tetap bisa bertahan pada masa sekarang ini. Hal ini pun juga dirasakan para pedagang kecil yang sehari hari harus berjualan mengalami penurunan omset mereka yang menyebabkan mereka dilema antara tetap berdagang atau berhenti berdagang dimasa sekarang ini, Beberapa pedagang mengatakan “ saya jualan kurang laku, tapi kalo tidak jualan saya mau makan apa”

Adapula beberapa pedagang yang terpaksa berhenti berjualan karena peraturan yang mengharuskan mereka berhenti contohnya pedagang pasar malam yang sekarang tidak lagi berjualan. Inilah realita yang terjadi dan  dialami oleh para pedagang saat ini sangat sangat memprihatinkan dan para pedagang mengharapkan adanya kebijakan dari pemerintah indonesia yang memudahkan mereka agar tetap bisa bertaha dimasa sekarang ini.  

Post a Comment

0 Comments