Teknologi masa kini jadi solusi bantu online kan pedagang kecil dimasa pandemi


Hampir diseluruh negara terutama di negara Indonesia terkena wabah ini.Dimana penyebarannya begitu cepat dan juga banyak menelan korban yaitu virus corona atau covid-19.

Banyak upaya dan kebijakan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini,salah satunya yaitu dengan #Dirumahaja dan juga PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar). Akibatnya aktivitas terganggu,seperti sekolah yang diliburkan juga perekonimian negara. Covid-19 makin terasa dalam perekonomian dalam negeri, terutama dari sisi konsumsi, korporasi, sektor keuangan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Banyak dari mereka yang mengeluhkan dampak dari Covid-19 ini dari hasil atau pendapatan yang mereka dapat yang kini menurun drastis.

Seperti yang di alami oleh tukang sayur keliling Asep "Semenjak ada corona ini pendapatan saya berkurang"ujarnya.

Meski dalam keadaan seperti ini kang Asep tetap berjualan sayur keliling untuk menyambung hidupnya,juga membiayai keluarga kecilnya itu.

“Kalo saya tetap diam dirumah,saya dapat pemasukan dari mana,jangankan mau setok makanan, untuk hari ini saja saya dapat dari penghasilan dari hasil dagang yang sekarang” ujarnya lagi
Lalu kami membantunya dengan mengonlinekan sayurnya itu dengan memanfaatkan teknologi masa kini sebagai solusi membantu pedagang kecil di masa pandemi ini.

Karena dengan teknologi membuat segalanya menjadi praktis. Tak perlu capai pergi ke pasar untuk membeli sayur-mayur. Berbekal telepon seluler pintar, sayuran segar bisa dibeli dengan mudah dan cepat.

"Setelah sayuran saya dionlinekan sedikit terbantu dan ada kemajuan,tidak haanya untuk berkeliling menjajakan sayurannya juga mengantarkan pesanan ibu ibu yang memesan sayuran dari saya lewat via online,dan alhamdulillah pendapatan saya kini bertambah" ujarnya kembali.

Meski ada beberapa kendala dalam usahanya lewat online ini,seperti jaringan dan juga masih banyak yang bisa dibilang gaptek karena ini merupakan masih daerah pedalaman,namun cara ini cukup membantu beliau dalam berdagang,selain beliau yang terbantu cara memanfaatkan teknologi masa kini ini, juga membantu ibu ibu yang ingin membeli sayuran namun takut untuk keluar rumah.

Oleh : Siti Nurjanah

Post a comment

0 Comments