Kriteria Pemimpin Masa Kini

Pemimpin adalah suatu peran yang mengharuskan seseorang mengayomi suatu kumpulan (anggota) untuk mencapai tujuan bersama. Dalam perubahan zaman ini banyak transformasi yang dilakukan dalam kepemimpinan.

Dulu di zaman presiden Soeharto tahun 1995 ada demokrasi yang disebut demokrasi terpimpin,demokrasi tersebut merupakan sistem demokrasi yang dimana seluruh keputusan dan serta pemikiran berpusat pada pemimpin. Namun demokrasi ini hanya berlaku sementara karena banyak nya pro dan kontra atas demokrasi ini. Pada masa itu kepemimpinan bersifat otoriter membuat rakyat tidak bebas menyuarakan pendapatnya.

Namun pada masa milenial ini para pemimpin tidak bisa memakai demokrasi seperti itu lagi, karena sekarang demokrasi yang dianut oleh Indonesia adalah demokrasi yang dimana rakyat dapat menyuarakan pendapatnya,oleh karena itu pada masa ini kita membutukan pemimpin yang dapat menyesuaikan kepemimpinannya pada masa nya.

Pemimpin yang bisa menyesuaikan kepemimpinannya merupakan salah satu kriteria pemimpin masa kini,ada pula kriteria yang lain yaitu kita membutuhkan pemimpin yang berani dalam mengambil keputusan yang tepat, pemimpin yang terus menerus melakukan perbaikan, pemimpin yang dibutuhkan masa kini juga pemimpin yang mampu mengembangkan inisiatif dalam mengembangkan teknologi menjadi sesuatu yang memiliki value yang tinggi. 

Tentunya pada masa kini kita harus memiliki pemimpin yang memiliki jiwa kolaboratif, karena pada saat ini kita memerlukan banyak rangkulan, saling bertergantungan antar satu sama lain dalam kondisi saat ini merupakan kewajiban. Saling memberikan keuntungan antar sesama. 

Oleh : Nur Alfia Kurnia Hasan ( Mahasiswi STEI SEBI)

Post a comment

0 Comments