MEMBANGUN TIM BERKINERJA TINGGI

Dalam kbbi arti dari "Berkinerja" adalah memperlihatkan prestasi atau kemampuan seseorang. Kinerja seseorang dikatakan baik dan berhasil, jika ia melakukan fungsi sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

 Memiliki tim yang berkinerja tinggi adalah sebuah asset perusahaan yang dapat memajukan perusahaan tersebut dan berkembang. Jika sebuah tim memiliki kinerja yang tinggi, dan mempunyai orang-orang yang kompak dalam mewujudkan itu semua, maka terciptalah Tim yang memiliki kualitas yang tinggi. Nah, untuk membangun team work yang bagus dan baik diperlukan lebih dari sekadar mengumpulkan orang-orang yg tepat. Peran seorang Ketua atau pemimpin sangatlah penting. Dialah yang paling bertanggung jawab atas anak buahnya. Lalu, leadership yang menciptakan lingkungan dimana individu satu dengan individu lainnya saling bekerja sama secara kooperatif dan kolaboratif.

       Pada suatu organisasi atau perusahaan tentunya mengharapkan kerja tim yang solid dan kompak. Dengan terciptanya kerja tim yang solid dan kompak tentunya akan membuat pekerjaan pada sebuah organisasi atau perusahaan akan menjadi efektif. Sehingga suatu perusahaan akan mampu mengimbangi bahkan mengalahkan pesaingnya. Kerja tim yang buruk biasanya disebabkan adanya konflik dari dalam perusahaan, seperti karena tidak adanya saling mempercayai, saling menghormati, dan saling kerjasama. Sehingga sebagai atasan, manajer atau owner tentunya harus dapat menciptakan kerja tim yang solid dan kompak. Karena salah satu syarat seorang pemimpin atau manajer yang sukses adalah mampu membangun tim yang solid dan kompak.
Beberapa hal yang dapat membangun tim kinerja tinggi :

1. Memiliki pemimpin
       Pentingnya memiliki oemimpin dalan tim adalah untuk memberikan pengarahan dan pengaruh pada kegiatan yang berhubungan dengan tugas sekelompok anggotanya. Suatu team work tentunya membutuhkan ketua tim atau pemimpin, karena fungsi dari pemimpin adalah mengatur, mengurus, memanajemen dan mengawasi kinerja yang akan dilakukan oleh anggotanya. Sehingga ketua tim harus ada, agar pekerjaan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

2. Tujuan yang sama dan jelas
       Pada suatu organisasi atau perusahaan tentunya mengharapkan kerja tim yang solid dan kompak. Dengan terciptanya kerja tim yang solid dan kompak tentunya akan membuat pekerjaan pada sebuah organisasi atau perusahaan akan menjadi efektif. Sehingga suatu perusahaan akan mampu mengimbangi bahkan mengalahkan pesaingnya.

3. Komunikasi
        Bahwa tim yang memiliki komunikasi efektif ternyata dapat bekerja dalam waktu yang lebih cepat dan lebih efisien. Agar kerja sama tim terbangun dengan baik, maka komunikasi tidak bisa berlangsung dalam satu arah saja. Namun, memerlukan timbal balik dari bawahan agar pemimpin pun memahami kebutuhan serta keinginan tim kerjanya. Sesungguhnya, keberhasilan sebuah tim dapat terlihat dari bagaimana cara pemimpin tersebut membangun kerja antar anggota timnya. 


sumber : https://jadikaryawan.com/cara-membangun-kerja-tim-yang-kompak



Oleh:Zuama Mazaya Mayzan Nada AKUNTANSI SYARIAH, Mahasiswi STEI SEBI 


Post a comment

0 Comments