PENTINGNYA SYAHADAT DALAM ISLAM


Syahadat menurut syariat merupakan pengakuan, pembenaran, dan keyakinan bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT, yang tiada sekutu bagiNya. Syahadat terdiri dari dua kata " َاشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا ا للهُ" (aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah) وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُالله " (dan aku bersakti bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah) 
Syahadat sangat pentinh karena merupakan rukun islam yang pertama, dimana ketika kita tidak mengucapkannya maka kita bukanlah termasuk orang islam.

 Masalahnya sekarang ini sudah begitu banyak orang yang bersyahadat, tetapi kenapa kondisi umat islam masi begitu lemah? Padahal sebelumnya Rasullah pernah bersabda : "Wahai saudara-saudara, maukan kalian aku beri satu kalimat yang dengan kalimat itu kalian akan dapat menguasai seluruh Jazirah Arab?" Jangankan menguasai Jazirah Arab, menegakan Islam di negeri sendiri saja masih jauh dari kata sempurna.

Namun selain itu ada beberapa hal penting yang harus diletahui diantaranya :
1. Ssyahadat adalah pintu masuk ke dalam islam (al-madkhal ilal islam)
Rasulallah pernah bersabda bahwa setiap bayi yang lahir ia dalam keadaan fitrah (suci), dan orang tuanya lah yang menjadikan ia Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Fitrah disini adalah mengEsakan Allah atau menauhidkan Allah (beragama Islam). Namun ketika ada orang yang beragama Yahudi, Nasrani, atau majusi yang ingin masuk Islam ia harus mengucapkan syahadat, karena itu adalah rukun islam yang harus dilakukan. Dan pada saat itu pula ia kembali kepada fitrah dan Allah mulai mencatat amal yang diperbuatnya sedangkan perbuatan yang lalu akan dibapuskan.

2. Intisari atau pokok ajaran islam (khulashatu ta'alimil Islam)
Dalam dua kalimat syahadat ada tiga hal yang sangat penting dan harus dilakukan orang ketika sudah mengucapkannya.
a. Ketika "laa ilaaha illallaah" sudah terucap, maka dia harus menerima dengan rela bahwa Allah satu-satunya Dzat yang harus diibadahi dan disembah
b. Ketika "muhammad Rasulallah" sudah terucap, artinya seseorang telah menerima dengan rela bahwa nabi Muhammad adalah hamba Allah yang utus untuk menjadi teladan dalam segala hal.
c. yang sudah mengucapkan syahadat berarti sudah tulus menghaba kepada Allah.

3. Syahadat adalah sistem perubahan (asasul inqilab)
Bagi seseorang yang bersyahadat dengan sungguh-sungguh maka dia akan mengalami perubahan yang luar biasa dalam hidupnya. Umar bin Khatab "penguasa" Quraisy kala itu, tapi ketika dia mengikrarkan diri bersyahadat kepada Rasulallah kehidupannya berbalik 180 derajat, sedangkan karakternya tetap sama yaitu tegas dan berani. Di saat jahiliah, dia adalah seseorang yang sangat keras menentang Rasulallah, namun setelah bersyahadat dia adalah orang yang sangat keras dalam menentang kaum kafir.

4. Syahadat adalah hakikat dakwah para rasul (haqiqatul da'watir rasul)
Tiap rasul dan nabi yang diutus Allah kepada umatnya semenjak Nabi Adam a.s sampai Nabi Muhammad saw. membawa misi atau tujuan yang sama, yaitu menauhidkan Allah atau mengEsakan Allah.

5. Syahadat adalah keutaman yang besar (fadhail 'adzimah)
Banyak ganjaran dan balasar yang akan diberikan Allah kepada manusia yang sudah bersyahadat. Rasulallah sendiri pernah bersabda bahwa orang yang diakhir hidupnya mengucapkan laa ilaaha ilallaah maka dijamin masuk surga. Di hadits yang lain, Rasulallah bersabda, "Dua perkara yang pasti. "Seorang sahabat bertanya, "apakah perkara itu ya Rasulallah?" Rasulallah menjawab, "barang siapa yang mati dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, ia tetap masuk syurga." (HR. Ahmad)
Semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan betapa pentingnya syahadat.



Oleh: Nurmaini, Mahasiswi STEI SEBI

Post a comment

0 Comments