Anak kecanduan gadget? Saatnya orang tua melakukan manajemen risiko yang tepat

Allah subhanahuwataala menciptakan manusia dengan penciptaan yang paling sempurna, namun terkadang manusia tidak menyadari bahwa dirinya di ciptakan oleh Allah dengan amanah yang harus di jalani selama hidupnya.



Setiap orang memiliki amanah, baik itu amanah yang di berikan oleh Allah atau amanah yang di berikan oleh sesama manusia. Ketika seseorang memiliki amanah, maka ia di percayai untuk mengemban amanah tersebut serta berperan untuk melaksanakan amanah dengan sebaik baik nya sebab setiap amanah akan dimintai pertanggung jawaban.

Anak, merupakan salah satu amanah yang di berikan oleh Allah kepada orang tua. Masa anak-anak merupakan masa dimana proses mulai terbentuknya karakter kepribadian. Baik buruk nya perilaku sang anak merupakan hasil didikan orang tuanya saat kecil.  Bila salah mendidik anak maka akan fatal akibatnya. Sehingga, perlu di terapkan nya manajemen risiko dalam mendidik anak.

Dalam islam, Allah swt memerintahkan untuk mengantisipasi risiko serta membuat dan melaksanakan perencanaan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS.Al-Hasyr ayat 18 yang artinya

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

di era digital yang semakin maju, penggunaan gadget sudah menjadi kebutuhan sehari hari bagi banyak orang. Tidak hanya pada orang tua, bahkan kita sangat sering mendapati anak anak yang bermain gadget. Jika di gunakan dengan baik dan bijak, gadget akan memberikan dampak yang positif. Dan sebaliknya, banyak pula oknum yang seringkali menyalahgunakan gadget. Disadari atau tidak, dampak penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak di batasi akan memberikan dampak yang negative bagi anak. Maka, disinilah peran orangtua di butuhkan dalam mendidik anak anaknya berkenaan penggunaan gadget. Orang tua tentunya memiliki peran yang sangat penting dan intens dalam mengawasi buah hatinya saat bermain gadget.  Namun, sering kali terdapat orang tua yang sibuk sehingga lalai mengawasi buah hati nya.  Hal ini dapat menyebabkan sang anak mulai kecanduan gadget. Maka dari itu perlu adanya manajemen risiko yang di bangun

bila kita telaah, dalam manajemen risiko penetapan konteks internal kecanduan gadget pada anak dapat terjadi pada anak laki laki dan perempuan berusia 3 sampai 7 tahun memiliki karakter aktif, mandiri, ceria, mudah bergaul dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Pada penetapan konteks eksternal,kasus anak anak yang kecanduan terhadap gadget bisa dikarenakan kesibukan orang tua karena pekerjaan, tinggal di daerah perkotaan. Atau karena memang di lingkungan nya tidak terdapat teman sebaya untuk bermain bersama.

Langkah selanjutnya adalah identifikasi risiko. Banyak sekali penyebab anak tidak dapat lepas dari gadget.

pertama, Orang tua yang terlalu sibuk biasanya menjadi penyebab utama sang anak tidak dapat terlepas dari gadget. Padahal masa anak anak merupakan masa dimana sang anak membutuhkan perhatian dari orang tua. Sehingga sang anak banyak menghabiskan waktu bersama gadget nya.

kedua, Di era modern ini banyak fitur fitur yang menarik yang mampu menarik keingintahuan anak, ditambah lagi desain desain yang ada semakin beragam dan teknologi semakin canggih,ketiga bila di lingkungan nya sang anak tidak memiliki teman sebaya untuk bermain, maka dapat dipastikan sang anak akan semakin bersahabat dengan gadget. Jika orang tua mendampingi sang anak saat bermain gadget, orang tua bisa menjadikan gadget sebagai sarana belajar yang mampu menjadi sarana pengembangan nya dalam hal intelektual. Namun, bila dalam hal ini orang tua tidak ikut berperan mengawasi dan menemani sang anak dalam bermain gadget. 

ketiga,  Informasi yang tidak terbatas mampu di akses dengan begitu mudah oleh sang anak. Maka anak akan bebas mengakses apapun yang mungkin tidak sesuai dengan usianya.  

Keempat,  yang akan terjadi adalah menjadi berkurangnya kemampuan bersosialisasi anak. Anak-anak kehilangan minat untuk bersosialisasi dengan orang lain karena kebiasaanya lebih banyak di habiskan bersama gadget. 

Kelima, Risiko lainya perkembangan  emosi anak menjadi terganggu. Hal ini disebabkan karena anak anak belum bisa mengendalikan emosi dengan baik. 

Risiko ketujuh, kesehatan anak menurun. karena asik bermain dengan gadget anak anak sering mengabaikan makan sehingga metabolisme tubuh menurun, dan juga siklus tidur yang terganggu yang di sebabkan bermain gadget hingga larut malam. 

Berikut merupakan langkah analisis risiko serta evaluasi nya yang di gambarkan dalam bagan sederhana.

No

Risiko

Kemungkinan  terjadi

Tingkat pengaruh  terhadap sasaran

Evaluasi Resiko

1

Karena sedikitnya teman sebaya dan kesibukan orang tua

Tinggi

tinggi

High risk

2

Banyak fitur yang tidak sesuai dengan usia anak serta kurangnya pengawasan

tinggi

tinggi

High risk

3

kemampuan bersosialisasi anak menjadi kurang baik

tinggi

rendah

Medium risk

4

Risiko perkembangan emosi anak terganggu

tinggi

rendah

Medium risk

5

Risiko kesehatan anak menurun

rendah

rendah

Low risk

Langakah selanjutnya adalah mitigasi risiko, untuk merubah kebiasaan anak kecanduan gadget, adalah dengan orang tua memberikan contoh yang baik terhadap anak. Ketika anak melihat orang tua sibuk dengan gadget, sang anak akan merekam perilaku tersebut dan memorinya akan mengingat bahwa gadget nya itulah yang menjadi teman nya. kedua pengawasan dan pemberian batasan waktu dalam bermain gadget, ketiga, memperbanyak mengajak anak mengeksplorasi dunia luar. Keempat, orang tua harus lebih banyak meluangkan waktu untuk anak, misalnya melakukan kegiatan positif bersama sama, membanguan suasana keluarga yang nyaman. Kelima, mengaktifkan gadget dalam mode anak.

Jadi, bagi orangtua, anak merupakan amanah yang mana harus di jaga dan di didik sebaik mungkin, orang tua lah yang sudah seharusnya membimbing dan mengarahkan sang anak saat di usia nya yang masih kecil. Sehingga peran orang tua sangat penting dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Jangan sampai anak anak kehilangan masa emas nya karena kesibukan orang tua. Dan menjadikan gadget sebagai batu loncatan untuk menemani sang anak.

Post a comment

0 Comments