MENGANALISA RESIKO PELAKU BISNIS SELAMA PANDEMI COVID 19



Semenjak pandemi covid 19 terjadi, banyak sekali penyebab perubahan dalam kehidupan manusia dari segi pekerjaan, lingkungan maupun kepribadian. Covid 19 bukan hanya sebagai ancaman, tapi juga merengut nyawa banyak orang, semua ini terjadi sekejap tanpa adanya proses adaptasi. Pandemi covid 19 ini termasuk bencana tingkat atas yang mana covid 19 ini menjadi sorotan seluruh dunia karena resiko penyebaran covid 19 ini sangat cepat membuat masyarakat resah dan ketakutan.

Proses perubahan yang sangat drastis ini membuat kesenjangan dimana-mana. Proses pembalajaran dari jarak dekat menjadi jarak jauh(Online), bagi yang sudah menggunakan gedget mereka sudah biasa, tetapi bagi masyarakat yang kurang dalam ekonomi sangat susah untuk mendapatkan pembalajaran dari jarak jauh(Online).  

Bukan dari pendidikan saja tetapi keta lihat dari ekonomi dan sosial banyak sekali terjadi kesenjangan, dari ekonomi awalnya berdagang tatap muka tetapi selama pandemi covid 19 para masyarakat sangat susah untuk berdagang dan membuat angka pendapatan menurun, sedangkan sosial masyarakat dilarang untuk berkomunikasi secara tatap muka kecuali telah memenuhi syarat .  

Maka dari itu pemerintah membuat strategi agar mengurangi resiko yang akan terjadi kedepannya, dengan memperkondisikan masyarakat agar tidak keluar rumah agar mengurangi terjadinya covid 19 dan membuat vaksin untuk melindungi masyarakat dari covid 19 tersebut. 

Selama covid 19 melanda indonesia pembisnis mengalami penurunan mulai dari tenaga kerja, kinerja karyawan sampai peubahan teknis perusahaan, maka resiko terjadi bagi pembisnis adalah mengurangi tenaga kerja, banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) dan sampai ada yang menutup bisnisnya karena tidak bisa beradaptasi dengan pandemi covid 19 ini. 

Maka dari itu bagi pelaku bisnis menggunakan bisnis online dalam memproduksi produknya, bisnis online ada kelebihan dan kekurangan dalam mengelola bisnisnya selama pandemi covid 19 ini. 

Kelebihan

A. Jangkauan pasar yang luas

Berbisnis online bisa menambah jaringan sosial nasional maupun internasional, dengan menggunakan alat komunikasi seperti telepon atau lewat media sosial.

B. Mengeluarkan modal sedikit dan hemat biaya operasional

Dengan adanya media sosial kita hanya mengeluarkan biaya sedikit tidak seperti bisnis kaki lima yang harus memerlukan biaya yang banyak.

C. Produk fleksibel bisa banyak jenis dan bermacam-macam

Dengan berkomunikasi dengan konsumen lewat media sosial, kita bisa menyediakan berbagai macam produk untuk dipersiapkan jika ada yang memesan.

D. Hemat biaya tempat atau sewaan

Kita tidak perlu lagi menyewa tempat karena kita bisa mengelola produk kita sendiri di rumah.

E. Mempermudah pemesanan produk

Tidak perlu lagi datang tatap muka untuk pembelian produk cukup dengan smartphone pembelian produknya.

F. Mempermudah akses internet dimana saja

Memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi dengan aplikasi di smartphone.

G. Mendapatkan info sangat mudah

Dapat memberitahukan dimana kita berada jika ada sesuatu yang dibutuhkan.


Kekurangan


A. Banyaknya penipuan

Selama pandemi covid 19 banyak memberikan kesempatan bagi penjahat untuk melakukan penipuan, contohnya : Seseorang yang memesan barang dan uangnya sudah ditransfer tetapi penjualnya tidak mengirimkan barang yang sudah disepakati. Maka bisnis online ini rawan penipuan, jadi kita harus hati-hati dalam bertransaksi dan memilih tempat pembeliannya.

B. Respon Yang kurang

Selama pandemi kita dipaksakan untuk dapat menggunakan media elektronik untuk dapat berinteraksi sosial dengan masyarakat lainya. Terkadang banyak nya hal yang dikomunikasikan membuat kita tidak fokus terhadap satu pembicaraan. Karena kemampuan multitasking kita terbatas. Akan banyak hal yang akan kita lewatkan karena keterbatasan kita sebagai manusia.

C. Ketergantungan dengan keadaan signal

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya media elektronik yang kita gunakan untuk berkomunikasi tidak serta merta dapat melakukannya sendiri. Hal tersebut bisa karena ada penghubung dari satu alat ke alat lainya. Penghubung itu adalah jaringan internet (signal), hal ini membuat kita akan bergantung pada signal demi kelancaran akses komunikasi dengan para pelanggan.

Pandemi menyebabkan perubahan di mana mana, bukan hanya soal kesehatan, berbagai sektor terkena dampak nya yang mengharuskan untuk beradaptasi agar bisa bertahan ditengah pandemi. Maka dari itu penggunaan media sosial sangat berguna untuk menurunkan tingkat resiko yang terjadi di masyarakat dan pemerintah harus lebih memperhatikan lagi masyarakat terpencil agar mengurangi kesenjangan pendidikan, sosial dan ekonomi. 




Oleh : Muhammad Shiddiq Shalahuddin Albana, Mahasiswa STEI SEBI Depok

Post a comment

0 Comments