OPTIMALISASI INSTAGRAM ORGANIK UNTUK JUALAN

 

Oleh: Siti Irawati Mahasiswi STEI SEBI Depok Manajemen Bisnis syariah

Dewasa ini banyak pengguna media sosial yang memanfaatkan media sosialnya menjadi tempat untuk berjualan online. Salah satunya adalah instagram, tidak asing bila membuka sosial media yang satu ini maka akan dijumpai banyak sekali postingan jualan apalagi di masa pandemi seperti sekarang membuat orang-orang lebih sering berbelanja online, baik melalui market place maupun media sosial, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai OPTIMALISASI instagram secara organik untuk meningkatkan penjualan, berikut hal-hal yang bisa dilakukan :

1. Sajikan konten postingan dan story instagram yang bermanfaat dan menarik interaksi

Dalam hal ini kamu dapat membuat flayer postingan minimal tiga postingan dalam sehari untuk di posting di feed instagram, tidak harus flayer produk yang diposting siapkan minimal satu postingan motivasi atau quotes dan dua flayer lain berisi produk yang ingin ditawarkan.

Untuk story, kamu bisa membuat story mengenai informasi dari produk yang dijual atau dengan quiz interaktif serta bentuk tanya jawab untuk menarik perhatian.

2. Gunakan hastag

Saat memposting flayer di feed instagram gunakan minimal 15 hastag, lima belas hastag tersebut terdiri dari 5 hastag nama brand dan nama jenis produk, tujuannya adalah untuk membuat diferensiasi suatu hastag yang besar agar produk mudah dikenal dan pelanggan yang pernah membeli produk akan jauh lebih mudah menemukan brand produk yang kamu jual.

Selanjutnya 5 hastag nama brand kompetitor, ketika brand kompetitor lebih diingat dibandingkan brand kamu, maka pastikan ketika pelanggan mencari brand kompetitor melalui hastag, tetapi brand kompetitor tersebut tidak dapat memenuhi produk yang sedang dicari pelanggan maka brand kita dapat menjadi pilihan kedua.

Terakhir 5 hastag nama Influencer atau artis dan selebgram. Banyaknya pengguna instagram baru, mereka cenderung akan lebih dulu memFollow akun pribadi artis, selebgram maupun Influencer. Ketika mereka belum loyal bahkan belum kenal terhadap suatu brand biasanya mereka sudah loyal terhadap orang dengan demikian produk kita akan masuk.

3. Ikut OLOC (One Like One Coment), dan LFL (Like For Like)

Untuk mengikuti OLOC dan LFL kamu bisa mencari tahu informasinya melalui facebook maupun instagram, tujuan dari OLOC dan LFL ini adalah agar akun instagram yang kamu miliki insightnya stabil dan banyak orang yang berkunjung ke akun instagram.

4. Follow dan Unfollow

Untuk mengupgrade dan mendapatkan akun tertarget di akun instagram bisa dilakukan dengan cara memFollow dan unfollow minimal 100 akun perhari. Pilihlah follower yang jarang berinteraksi untuk di Unfollow.

5. Komen minimal 20 akun follower instagram

Untuk menjalin komunikasi dengan follower akun kamu, kamu bisa memberikan komentar minimal empat kata yang dapat menimbulkan interaksi antara kamu dengan follower.

6. Sabar dan konsisten

Kunci utama dari semua ini adalah sabar dan konsisten, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu kesabaran dan konsistensi.

Ke-enam cara di atas dapat kamu lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Seperti yang dikatakan di atas ke-enam cara tersebut dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan instagram sebagai tempat jualan online secara gratis.


Post a comment

0 Comments